Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:12 WIB | Rabu, 01 Juli 2015

Pasukan Kurdi Usir ISIS, Rebut Tal-Abyad

Massa dari Suriah datang ketika pejuang Kurdi mengumumkan mereka maju menuju kota perbatasan Tal Abyad. (Foto: Dok.satuharapan.com/AP)

TAL-ABYAD, SATUHARAPAN.COM – Pasukan Kurdi Suriah kembali menguasai penuh Tal-Abyad hari Rabu (1/7) dengan mengusir pejuang kelompok ISIS, seperti yang dilaporkan Al-Alam News Network.

"Pejuang Kurdi diusir ISIS dari distrik Mashur Al-Fawqani dan mereka telah menangkapnya kemarin (Selasa)," kata Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Dia mengatakan setidaknya ada tiga pejuang Kurdi Unit Rakyat Perlindungan (YPG) dan empat teroris ISIS tewas dalam bentrokan pada hari Rabu.

Juru bicara YPG Redur Khalil menegaskan bahwa kota tersebut telah diamankan.

"Kelompok Daesh (sebutan ISIS dalam bahasa Arab) yang masuk kawasan Mashur Al-Fawqani ... dieliminasi sepenuhnya dan diusir dari daerah itu," katanya kepada AFP.

Tal Abyad, yang berada di perbatasan Turki, sebelumnya dikuasai oleh kubu ISIS, yang menjadi saluran utama bagi kelompok ekstremis itu untuk membawa senjata, pejuang dan minyak ekspor pasar gelap.

Tapi lebih dari dua minggu yang lalu, pasukan Kurdi, yang didukung oleh sekutu pemberontak Suriah dan serangan udara yang dipimpin AS, merebut kota itu dari kelompok ekstremis.

Pasukan ISIS meluncurkan serangan mendadak terhadap kota pada hari Selasa (30/6) dan menduduki distrik Mashur Al-Fawqani dalam pertempuran berat.

Tapi pada akhir Rabu (1/7) pagi, kota itu kembali di bawah kontrol pasukan Kurdi secara penuh, kata Observatorium. (en.alalam.ir)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home