Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:30 WIB | Selasa, 21 Februari 2017

Patung Singa Raja Prancis Charles V Segera Dilelang

Ilustrasi. Patung dua singa yang dibuat untuk makam raja Prancis Charles V. (Foto: AFP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Sebuah patung dua singa yang dibuat untuk makam raja Prancis Charles V yang diduga hilang dalam Revolusi Prancis akan segera dijual di London, ungkap sebuah rumah lelang Christie's pada Selasa (20/2).

Hasil karya marmer abad ke 14 tersebut dibuat oleh seniman Prancis Andre Beauneveu, yang sudah disimpan di koleksi pribadi Inggris selama lebih dari dua abad, akan dijual pada 6 Juli.

Singa-singa tersebut diukir dengan identik, dengan detail yang rinci di surai dan giginya.

Beauneveu ditugaskan oleh raja tersebut tak lama setelah naik takhta, dan ditugaskan membangun empat makam keluarga.

Patung singa tersebut dibuat selama dua tahun dari 1364 hingga 1366. Menurut Christie's, patung itu ditempatkan di kaki makam Charles V yang dulunya adalah Biara Saint Denis di Paris.

Namun, makam keluarga itu dibongkar pada 1793 oleh pemerintah revolusioner Prancis, dan singa tersebut dibeli pada 1802 oleh Thomas Neave, seorang bangsawan asal Inggris.

Munculnya patung tersebut merupakan " penemuan kembali yang luar biasa," kata Christie's.

"Penemuan singa-singa ini di koleksi pribadi Inggris adalah berita bagus untuk para kolektor dan pelajar yang mengira patung itu sudah hilang selama Revolusi Prancis," kata Donald Johnston, kepala internasional patung dari Christie's. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home