Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 07:01 WIB | Jumat, 03 Mei 2013

Paus Emeritus Benediktus Kembali ke Vatikan

Paus (emeritus) Benediktus disambut Paus Fransiskus setiba ke Kota Vatikan., Kamis (2/5). (Foto: Radio Vatikan)

KOTA VATIKAN, SATUHARAPAN.COM - Paus (emeritus) Benediktus kembali ke Vatikan, dua bulan setelah pengunduran dirinya pada akhir Februari lalu. Dia diterbangkan dengan helikopter dari Castel Gandolfo kediaman musim panas kepausan untuk tinggal secara permanen di Kota Vatikan.

Dia disambut oleh Paus Fransiskus ketika tiba, dan diantar menuju tempat tinggalnya yang baru. Demikian diberitakan Radio Vatikan, Kamis (2/5). Benediktus adalah paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun terakhir sejarah Gereja Katolik.

Benediktus ( 86 tahun)  terakhir tampil di depan umum pada tanggal 23 Maret dan muncul berbagai spekulasi tentang kesehatannya. Para pengamat mengatakan bahwa Benediktus memang terlihat lebih lemah daripada ketika menyatakan mengundurkan diri pada 28 Februari.

Namun demikian, juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, mengatakan pekan ini bahwan Benediktus tidak sakit. Beberapa jam setelah kedatangannya, pihak Vatikan mengeluarkan sebuah foto Benediktus berjabat tangan dengan Paus Fransiskus.

Diberitakan bahwa Benediktus akan tinggal di Mater Ecclesiae biara yang berada tepat di belakang Basilika Santo Petrus. Dia ditemani sekretaris pribadinya, Georg Gaenswein.

Tempat itu digambarkan sebagai bangunan "kecil tapi dilengkapi dengan baik." Lombardi menyebutkan tempat itu dilengkapi  kapel, perpustakaan dan ruang studi, serta ruang tamu yang tersedia untuk menyambut kunjungan kakaknya, Georg Ratzinger.

Vatikan melukiskan Benediktus disambut oleh Paus Fransiskus "dengan persaudaraan keramahan." Kedua kemudian berdoa di kapel Benediktus. Dia disebutkan akan mendedikasikan dirinya untuk kehidupan doa pribadi dalam pelayanan gereja.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home