Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 22:19 WIB | Sabtu, 06 Maret 2021

Paus Fransiskus Bertemu Ulama Syiah Irak, Ali Al-Sistani

Paus Fransiskus bertemu dengan ulama terkemuka Syiah Irak, Ali Al-Sistani, di Najaf, Irak pada hari Sabtu (6/3). (Foto: Reuters)

NAJAF, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus mengadakan pertemuan bersejarah dengan ulama terkemuka Syiah Irak, Ali Al-Sistani, pada hari Sabtu (6/3), dalam seruan yang kuat untuk hidup berdampingan di negeri yang dilanda sektarianisme dan kekerasan.

Pertemuan Paus Fransiskus di kota suci Syiah, Najaf di selatan, selama kunjungan di Irak yang sedang berangin dan berisiko, menandai pertama kalinya seorang paus bertemu dengan ulama senior Syiah. Dan anak-anak berbaris di jalan dan mengibarkan bendera Irak dan Vatikan ke arah pemimpin umat Katolik dunia itu.

Pemimpin Katolik itu telah mengunjungi negara-negara yang mayoritas Muslim termasuk Turki, Yordania, Mesir, Bangladesh, Azerbaijan, Uni Emirat Arab dan wilayah Palestina, menggunakan perjalanan tersebut untuk menyerukan dialog antaragama.

Ulama senior Syiah Irak, Ali Al-Sistani di kota Najaf, Irak selatan pada 13 Maret 2019. (Foto: dok. AP)

 

Tokoh Berpengaruh

Al-Sistani adalah salah satu tokoh terpenting dalam Islam Syiah, baik di Irak maupun di luar Irak.

Dia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap politik. Dekritnya mendorong orang Irak ke pemilihan bebas untuk pertama kalinya pada tahun 2005, mengumpulkan ratusan ribu orang untuk melawan ISIS pada tahun 2014 dan menggulingkan pemerintah Irak di bawah tekanan dari demonstrasi massal pada tahun 2019.

Al-Sistani, 90 tahun, jarang melakukan pertemuan, dan telah menolak pembicaraan dengan mantan perdana menteri Irak, saat ini, menurut pejabat yang dekat dengannya. Al-Sistani setuju untuk bertemu Paus dengan syarat tidak ada pejabat Irak yang akan hadir, kata seorang sumber di kantor presiden.

Pertemuan dengan Paus Fransiskus berlangsung di rumah sederhana Al-Sistani yang telah disewanya selama beberapa dekade, terletak di sebuah gang sempit di Najaf.

Setelah pertemuan 55 menit dengan Sistani, Paus menuju ke reruntuhan kota kuno, Ur di Irak selatan, tempat yang diyakini sebagai tempat kelahiran Abraham, tokoh bagi Yudaisme, Kristen dan Islam. Dia dijadwalkan memberikan pidato pada pertemuan antar agama.

Al-Sistani disebut sebagai eeorang ulama pertapa dengan status yang hampir mistis di antara jutaan pengikut Syiah. Dia ikut campur pada saat-saat kritis ketika Irak bergerak dari satu krisis ke krisis lainnya. Sosoknya kurus, tertutup, bekerja dari basisnya di dekat tempat suci Imam Ali berkubah emas di Najaf. Dia jarang terlihat di depan umum.

Seruan Mengakhiri Kekerasan

Paus Fransiskus memulai perjalanan luar negerinya yang paling berisiko pada hari Jumat (5/3), terbang ke Irak di tengah keamanan yang paling ketat yang pernah terlihat untuk kunjungan kepausan untuk memohon kepada para pemimpin negara dan orang-orang untuk mengakhiri kekerasan oleh militan dan perselisihan agama.

Paus yang berusia 84 tahun, tertatih-tatih karena penyakit linu panggulnya yang terasa sakit, membuat seruan yang berapi-api kepada warga Irak untuk memberikan kesempatan kepada para pembawa perdamaian selama pertemuan dengan para pejabat dan diplomat Irak di istana presiden.

Dia kemudian memberi penghormatan kepada orang-orang yang terbunuh dalam serangan yang dimotivasi oleh agama, mengunjungi sebuah gereja di Baghdad di mana seorang pria teroris bersenjata membunuh sekitar 50 jemaah pada tahun 2010. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home