Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 12:17 WIB | Jumat, 24 Februari 2017

Paus : Semangat Tim Sepak Bola Harus Ditiru Masyarakat

Ilustrasi: Para pemain Villareal bergembira setelah gol dari Adrian Lopez memastikan tim tuan rumah mengungguli Liverpool dengan skor 1-0 di Semi Final I Liga Europa, tahun 2016 di stadion El Madrigal, Villareal, Spanyol. (Foto: uefa.com).

ROMA, SATUHARAPAN.COM – Paus Fransiskus pada hari Kamis (23/2) mengatakan kepada anggota klub sepak bola Spanyol, Villarreal, bahwa semangat  tim yang berlaga dalam pertandingan sepak bola merupakan  hal  yang penting. Semangat tersebut sama pentingnya dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat.

Paus mengatakan demikian saat menjamu tim asal Liga Primera Spanyol, Villarreal yang sedang berada di Roma, Italia yang menjalani pertandingan kompetisi Liga Europa menghadapi klub asal Italia, AS Roma.

Paus Fransiskus mengatakan sepak bola, seperti olahraga yang lain  merupakan cerminan dari kehidupan masyarakat.

“Ketika berada di lapangan, maka setiap pemain akan saling membutuhkan. Setiap pemain menempatkan keterampilan profesional dan bakat untuk kepentingan tujuan bersama, untuk bermain dengan baik dan menang,” kata dia.

Paus menunjukkan bahwa banyaknya intensitas latihan yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang maksimal, dapat dicapai dengan meluangkan waktu dalam menciptakan suasana kebersamaan dalam tim.

“Hal ini akan terjadi jika setiap orang bertindak dalam semangat persekutuan, mengesampingkan individualisme atau aspirasi pribadi,” kata dia.

Dia mengatakan jika setiap orang yang bermain sepak bola bermain untuk kebaikan kelompok, maka akan lebih mudah meraih kemenangan 

Paus Fransiskus juga berbicara tentang kekuatan olahraga untuk mendidik dan mengirimkan nilai-nilai positif.

Dia mengatakan banyak orang, khususnya kaum muda yang menonton dan mengagumi pemain sepak bola yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan contoh yang baik dan menyoroti nilai-nilai positif dalam sepak bola.  “Persahabatan, usaha pribadi, keindahan permainan, dan permainan tim,” kata dia.  

Paus mengatakan salah satu ciri dari seorang atlet yang baik harus mengucap syukur: “Anda harus ingat banyak orang yang telah membantu Anda, dan tanpa mereka Anda tidak akan berada di sini,” kata Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus mengatakan orang-orang yang membantu keberhasilan seorang atlet yakni orang-orang di masa kecil, rekan tim, pelatih, asisten, dan penggemar dari atlet itu.

Dia mengatakan peran orang-orang di sekitar atlet sangat  penting dalam membantu keberhasilan seorang atlet,  agar seorang atlet jangan merasa superior, namun atlet harus menyadari bahwa dalam sebuah tim, tidak hanya atlet tersebut yang berperan penting, tetapi banyak orang yang menentukan keberhasilan sebuah tim. 

“Saya merasa cara ini adalah cara yang penting untuk membantu kita bertumbuh sebagai orang, karena   permainan (dalam olahraga, Red) tidak hanya berbicara tentang sekelompok orang, tetapi juga orang lain, yang merupakan bagian dari kehidupan kita,” kata dia.

Paus Fransiskus merupakan penggemar sepak bola, dan ia  mendorong para atlet untuk terus bermain dan terus memberikan yang terbaik, sehingga orang lain dapat menikmati momen indah.  (radiovaticana.va)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home