Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:43 WIB | Senin, 20 Agustus 2018

Pawai Murid di Probolinggo, Pemimpin TK Minta Maaf

Ilustrasi. Kehadiran murid-murid TK kota Probolinggo, Jatim dengan atribut bercadar dan membawa replika senjata saat mengikuti pawai HUT Kemerdekaan Indonesia pada Jumat (17/8). menuai kritik setelah seorang pengguna media sosial mengunggah video pendek dan fotonya di Twitter dan Facebook. (Foto: bbc.com)

PROBOLINGGO, SATUHARAPAN.COM – Pemimpin sebuah taman kanak-kanak (TK) di Kota Probolinggo, Jawa Timur, akhirnya meminta maaf atas penggunaan atribut cadar dan senjata mainan oleh anak didiknya, saat mengikuti pawai HUT Kemerdekaan Indonesia di kota itu.

Pemimpin TK tersebut, mengaku pihaknya tidak bermaksud untuk menanamkan paham "kekerasan" kepada anak didiknya.

"Kami tidak punya tujuan apa-apa, dan kami tidak punya pemikiran atau tujuan untuk menanamkan kekerasan kepada anak-anak," kata Kepala Taman Kanak-kanak (TK) Kartika V, Hartatik, dalam jumpa pers di Probolinggo, Sabtu (18/8) siang.

Ditanya wartawan apa tujuannya meminta agar anak didiknya mengenakan atribut seperti itu, Hartatik mengatakan, "Kami mengangkat tema perjuangan Rasulullah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT."

Dalam jumpa pers, Hartatik didampingi Ketua Panitia Pawai Budaya HUT Kemerdekaan RI, yang diikuti murid-murid TK dan PAUD di Probolinggo, Supaini, Kapolres Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, serta Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Kav Depri Rio Saransi.

Komandam Kodim setempat hadir dalam jumpa pers itu, karena TK Kartika V "di bawah naungan" Kodim 0820 Probolinggo.

Sebelumnya, kehadiran murid-murid TK dengan atribut seperti itu dalam pawai yang digelar Sabtu (18/8) telah menimbulkan kontroversi dan menuai kritik setelah seorang pengguna media sosial, mengunggah video pendek dan fotonya di Twitter dan Facebook.

Mereka menganggap atribut pakaian "cadar" warna hitam dan "replika senjata" yang dikenakan dan dibawa oleh murid-murid TK itu "tidak sesuai dengan budaya Indonesia" dan dapat "menanamkan ajaran kekerasan" kepada anak didik.

Saat ditanya wartawan dari mana atribut itu didapatkan, Hartatik mengaku sebagian "alat peraga properti" itu merupakan sisa kegiatan pawai serupa pada tahun lalu.

"Kami manfaatkan untuk menghemat dana," katanya. Dia juga menegaskan penggunaan atribut seperti itu sudah sepengetahuan para orang tua murid.

Ditanya wartawan apakah ia sudah memikirkan dampak penggunaan atribut seperti itu pada anak didiknya, Hartatik berkata: "Tidak pernah memikirkan dampaknya. yang penting ikut pawai, anak-anak senang, memanfaatkan (properti) yang ada."

Ketika ditanyakan apakah ia  sudah minta izin kepada Komandan Kodim 0820 Probolinggo yang menaungi TK yang dipimpinnya, dia menjawab: "Saya dengan pengurus (Kodim) sudah saya sampaikan."

"Saya menyesal sekali. Saya mohon maaf sedalam-dalamnya, karena kami tidak punya tujuan apa-apa," kata Hartatik berulang-ulang.

Ketua Panitia Mengaku Lalai

Sementara itu, ketua panitia pawai budaya, Supaini mengatakan, pihaknya sudah memberitahu semua peserta bahwa tema pawai tahun ini "mengangkat kesenian atau budaya di Indonesia."

Namun demikian, dia mengaku tidak sempat menyeleksi lebih lanjut atribut yang dikenakan peserta pawai TK Kartika V.

"Mohon maaf, karena memang naskah diberikan pagi hari, jadi saya tidak menyeleksi kostum yang digunakan," kata Supaini di hadapan wartawan, Minggu (18/8).

Ditanya wartawan apakah atribut TK Kartika V "lolos" dari pantauan panitia, Supaini tidak menjawab dengan tegas.

"Mohon maaf, kami mengadakan kegiatan pawai budaya dengan tujuan untuk menanamkan anak-anak tentang seni dan budaya di Indonesia," katanya.

Tetapi dia akhirnya berkata: "Tidak ada maksud lain-lain, jadi mohon maaf atas untuk kostum, itu kelalaian kami."

Seusai pimpinan TK dan ketua panitia memberikan keterangan, Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Kav Depri Rio Saransi mengatakan, kehadiran pawai beratribut cadar dan replika senjata itu "murni memanfaatkan properti yang disimpan di TK."

"Dalam konteks tema yang diberikan oleh kepala sekolah dan ketua panitia  murni memberikan kepada murid-murid tentang bagaimana perjuangan agama Islam," kata Rio Saransi kepada wartawan, seusai jumpa pers, Sabtu (18/8).

"Dan tidak ada sedikitpun tentang radikalisme. Saya tekankan lagi murni tidak ada namanya unsur sengaja menunjukkan adanya aktivitas paham radikalisme khususnya di Probolinggo atau di Kodim,’ katanya.

Dia juga menambahkan, pimpinan sekolah sudah meminta maaf kepada masyarakat Indonesia.

"Dan saya sebagai Komandam Kodim, penanggung jawab PAUD di Kodim menyampaikan permohonan maaf juga kepada masyarakat, bahwa ini semuanya tidak ada unsur dengan sengaja."

"Ini semata-mata untuk menunjukkan bahwa kita ikut berpartisipasi dan memberikan pengamanan kepada anak-anak, bukan merupakan pemberian doktrin radikalisme," kata Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Kav Depri Rio Saransi. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home