Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:44 WIB | Senin, 21 April 2014

PB Percasi Gelar Japfa Chess International IX

PB Percasi Gelar Japfa Chess International  IX
WGM Ticia Gara (paling kiri), Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman (tengah), dan WGM Medina Warda Aulia (paling kanan). (Foto-foto: Prasasta)
PB Percasi Gelar Japfa Chess International  IX
Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman.
PB Percasi Gelar Japfa Chess International  IX

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menyelenggarakan turnamen catur Japfa Chess International IX mulai Senin (21/4) hingga Jumat (25/4) di Gedung Serbaguna, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pembukaan turnamen yang diselenggarakan bekerja sama dengan Japfa Chess Club dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk itu dihadiri Wakil Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto dan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Tono Suratman, yang sekaligus meresmikan pembukaan Japfa Chess Festival IX. 

Pada bagian akhir pembukaan, salah satu pecatur asing WGM (Woman Grand Master) Ticia Gara asal Hungaria, bertanding ekshibisi dan mengalahkan salah satu pecatur muda Indonesia, WGM Medina Warda Aulia.

Turnamen itu rencananya akan berlangsung sembilan babak, menggunakan sistem setengah kompetisi, dan mempertandingkan 13 nomor yang berbeda berdasar usia.

Pembagiannya, yakni junior terdiri atas kejuaraan yang diperuntukkan bagi pecatur putri dan putra dengan rentang usia 14 hingga 18 tahun, 10 hingga 14 tahun, kurang dari usia 10 tahun.

Agus Mulyono selaku manajer Public Relation PT Japfa Comfeed Indonesia mengatakan, ada dua kategori turnamen internasional dalam kompetisi seperti tahun lalu.

“Kami tetap menggelar kategori internasional untuk menunjukkan komitmen untuk terus mendukung pembinaan catur di Indonesia," kata Agus.

Hadiah yang disediakan total sebesar Rp 160.000.000, bagi pemenang dari hampir semua nomor pertandingan, sementara  7.300 ribu dolar Amerika Serikat (AS) diberikan bagi pemenang nomor Grand Master Tournament dan Woman Grand Master.

Nomor lainnya, Grandmaster Tournament, khusus wanita, bagi senior putra dan putri, nomor veteran yakni diperuntukkan bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun. Selain itu dipertandingkan juga nomor catur kilat antarwasit, panitia, dan media.

Para pecatur Indonesia yang tampil pada kejuaraan ini antara lain Medina Warda Aulia, Farid Firman Syach, Muhammad Luthfi Ali, Tirta Chandra Purnama. Sementara pecatur asing yang akan berpartisipasi adalah GM Sergey Tiviakov (Belanda, rating 2651), GM Suat Atalik (Turki 2562), IM Nguyen Huynh Minh Huy (Vietnam 2474), IM Kirill Kuderinov (Kazakhstan 2448), dan IM Rolando Nolte (Filipina 2417).

Japfa Chess Festival Sebelumnya

Pada Japfa Chess Festival 2013 kelompok usia senior putra antara lain Salor Sitanggang berada di peringkat pertama dengan poin 8,5, sementara peringkat kedua diduduki Tirta Chandra Purnama. Peringkat selanjutnya adalah Iqra Moesa Putra, Taufik Halay, dan Kaisar Jenius Hakiki, serta peringkat keenam Cerdas Barus dengan perolehan poin yang sama.

Pada kelompok Grand Master Wanita Internasional Ami Alina berada di posisi teratas dengan 6 poin, diikuti Sophie Milliet juga dengan enam poin, Chelsie Monica dengan 5,5 poin, Yulia Kotchekhova meraih 5 poin, Medina Warda Aulia 5 poin, dan Natacha Benmesbach di peringkat terakhir dengan 2,5 poin.

Pada 2012, saat penyelenggaraan Japfa Chess Festival, pemenang kelompok Grand Master Wanita Internasional diraih Anna Burtasova dengan perolehan 6,5 poin, diikuti Medina Warda Aulia dengan 6 poin, Evgeniya Doluhanova dengan 5,5 poin, Chelsie Monica di peringkat empat, dan Anastasia Gutsko pada peringkat kelima, sama meraih  4,5 poin, dan Yemi Jelsen hanya meraih 3 poin.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home