Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:46 WIB | Selasa, 20 Desember 2016

PBB: Dana Bantuan untuk Palestina US$ 547 Juta

Ilustrasi. Warga Palestina merayakan berdirinya Hamas yang ke-29 pada 14 Desember 2016 di Gaza City. (Foto: AFP/Mahmud Hams)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Perserikatan Bangsa-Bangsa, hari Senin (19/12), meluncurkan permohonan dana 547 juta dolar Amerika (sekitar Rp 7,34 triliun) untuk membantu 1,6 juta warga di Palestina pada 2017.

Permohonan tersebut ditujukan untuk membantu 1,1 juta warga di Jalur Gaza, yang sudah diblokade oleh Israel selama satu dekade terakhir, dan setengah juta orang di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Konflik paling baru antara Israel dan wilayah Gaza berakhir pada Agustus 2014 tetapi Israel mempertahankan pembatasan ketat mereka di wilayah itu, sementara Mesir juga menutup perbatasan mereka.

PBB memperingatkan bahwa daerah kantong padat penduduk itu bisa menjadi tidak layak huni pada 2020 jika situasi saat ini terus berlanjut.

“Kebutuhan di Gaza masih sangat akut dan layanan bantuan kemanusiaan yang disediakan masyarakat internasional masih menjadi penopang,” kata Robert Piper, koordinator kemanusiaan PBB untuk Palestina, dalam sebuah surat yang menyertai peluncuran tersebut.

Permohonan itu turun dari 571 juta dolar Amerika (sekitar Rp7,66 triliun) pada tahun sebelumnya.

Upaya untuk mendorong negosiasi perdamaian baru antara Israel dan Palestina, yang terhambat sejak 2014, gagal dilakukan.

Piper mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa reformasi politik dan proses perdamaian yang bermakna, bantuan internasional “hanya untuk mengulur waktu.”

“Respons kemanusiaan ini harus dilengkapi dengan aksi politik yang tegas,” katanya. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home