Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:38 WIB | Jumat, 19 Desember 2014

PBB Galang Dana Rp 105,2 Triliun untuk Korban Perang Suriah

Warga Kurdi Suriah mengungsi ke kota Kobane, akibat perang yang berkecamuk di negara mereka. (Foto: dok.satuharapan/un.org)

BERLIN,SATUHARAPAN.COM - PBB pada Kamis (18/12) menggalang dana sebesar 8,4 miliar dolar Amerika (sekitar Rp 105,2 triliun), untuk memberikan bantuan darurat dan bantuan jangka panjang kepada hampir 18 juta orang di Suriah dan di seluruh wilayah yang dilanda konflik berkepanjangan.

Untuk pertama kalinya, imbauan bantuan dari PBB meliputi dana untuk makanan, tempat tinggal dan bantuan kemanusiaan lainnya serta dukungan pembangunan, saat perang berdarah di Suriah mulai memasuki tahun kelima.

Beberapa badan PBB mengatakan,  dalam peluncurannya di Berlin bahwa dana sebesar 2,9 miliar dolar Amerika (sekitar Rp 36,3 triliun) diperlukan untuk membantu 12,2 juta orang di Suriah pada 2015.

“Dana lanjutan sebesar 5,5 miliar dolar Amerika (sekitar Rp 68,8 triliun) akan didistribusikan kepada warga Suriah yang mencari perlindungan di negara-negara tetangga, dan lebih dari satu juta warga di komunitas tempat pengungsian, “ katanya.

Penggalangan dana dari Berlin untuk Suriah sedikit lebih tinggi dari jumlah indikatif yang diumumkan di Jenewa awal bulan ini, yang tidak termasuk kebutuhan dana dari negara-negara tetangga.

“ PBB berencana untuk memberikan dana kepada 4,3 juta pengungsi di negara tetangga Suriah pada akhir 2015, katanya.(AFP/Ant) 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home