Loading...
HAM
Penulis: Prasasta Widiadi 06:50 WIB | Jumat, 21 Oktober 2016

PBB: Gencatan Senjata Aleppo Cukup untuk Evakuasi Korban

Asap membubung dari sejumlah bangunan menyusul serangan udara di wiliyah pinggiran timur Zamalka, Suriah, yang dikuasai pemberontak, 12 Oktober 2016. (Foto: AFP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Utusan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Suriah, Staffan de Mistura, pada Rabu (19/10) menjelaskan gencatan senjata di Aleppo akan cukup untuk mengevakuasi 200 korban luka dari wilayah timur kota Suriah itu.

Pernyataannya disampaikan beberapa jam setelah Rusia mengumumkan pihaknya akan memperpanjang gencatan senjata delapan jam di Aleppo pada Kamis (20/10) menjadi 11 jam untuk memungkinkan warga sipil dan pemberontak meninggalkan kota timur yang dikuasai pemberontak tersebut.

“Waktu itu cukup, jika kita bekerja dengan cepat, untuk mengevakuasi 200 korban luka yang membutuhkan perawatan medis mendesak," kata de Mistura.

Dia tidak mengatakan apakah gencatan senjata tersebut akan cukup untuk membawa bantuan kemanusiaan bagi 275.000 orang yang diyakini PBB terkepung di kota itu. Gencatan senjata dimulai pukul 8.00 pagi.

De Mistura membenarkan bahwa dia bersedia mendatangi daerah tersebut dan menggiring para pejuang dari Al Nusra, afiliasi Al Qaeda di Suriah, keluar dari Aleppo, seperti dia sebutkan pekan lalu.

“Saya tidak bisa memberikan jaminan politik, tetapi saya pastikan kepada Anda bahwa saya akan berusaha untuk membantu mereka,” kata dia. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home