Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:49 WIB | Senin, 08 April 2013

PBB Kampenye 1000 Hari Mencapai Target Milenium Pembangunan

Sekretaris jenderal PBB, Ban Ki-moon memulai kampanye percepatan pembangunan selama 1000 hari (hingga 2015) dalam mencapai target millennium pembangunan. (Foto PBB/Rick Bajornas)

MADRID, SATUHARAPAN.COM – Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyerukan tindakan yang dipercepat dalam 1.000 hari ke depan dalam menanggulangi kemiskinan. Seruan ini ditujukan kepada pemerintah, organisasi internasional dan kelompok masyarakat sipil untuk mencapai target milenium pembangunan (Millennium Development Goals / MDGs) sampaI akhir 2015.

"MDGs adalah yang paling sukses sebagai upaya global untuk mendorong anti-kemiskinan dalam sejarah," kata Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, dari Madrid, di mana hari ini ia secara resmi memulai kampanye "MDG Momentum – 1,000 Days of Action.”

"Tujuan MDGs adalah membantu menetapkan prioritas global dan nasional, memobilisasi tindakan, dan mencapai hasil," tambahnya. Delapan tujuan yang hendak dicapai adalah mengatasi kemiskinan dan kelaparan, pendidikan, kesetaraan gender, kematian anak, kesehatan ibu, memerangi AIDS, malaria dan penyakit lainnya, kelestarian lingkungan dan kemitraan global untuk pembangunan.

Menurut angka PBB, sejak MDGs yang diadopsi oleh semua negara anggota pada tahun 2000, tingkat kemiskinan global telah berkurang setengahnya dan dua miliar orang telah memperoleh akses pada air minum yang aman.

Selain itu, kematian ibu dan anak juga telah turun. Dunia terus memerangi penyakit mematikan, seperti malaria, TBC dan AIDS. Sedangkan jumlah anak-anak di sekolah dasar, dengan jumlah perempuan menyamai laki-laki untuk pertama kalinya.

Editor : KP1


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home