Google+
Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sabar Subekti 07:11 WIB | Jumat, 18 September 2020

PBB Peringati Hari Keselamatan Pasien Sedunia

Salah satu poster yang dikeluarkan untuk Hari Keselamatan Pasien Sedunia (Foto: un.org)

SATUHARAPAN.COM-194 negara atau semua anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui bahwa keselamatan pasien sebagai prioritas kesehatan global. Itu dinyatakan pada sidang Majelis Kesehatan Dunia ke-72, pada bulan Mei 2019.

Sidang itu juga mendukung penetapan Hari Keselamatan Pasien Sedunia (Resolusi WHA72.6), yang akan ditandai setiap tahun pada 17 September.

Tujuan Hari Keselamatan Pasien Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan publik, meningkatkan pemahaman global, dan memacu solidaritas dan tindakan global untuk mempromosikan keselamatan pasien.

Tema peringatan tahun pertama ini adalah Health Worker Safety: A Priority for Patient Safety (Keselamatan Petugas Kesehatan: Prioritas untuk Keselamatan Pasien. Dengan slogan:

Safe health workers, Safe patients, dan seruan untuk aksi: “Speak up for health worker safety!” 

Data PBB menunjukkan bahwa setiap tahun di dunia 134 juta orang mengalami akibat sampingan karena perawatan yang tidak aman, terutama di rumah sakit di negara berpenghasilan rendah dan menengah, menyebabkan 2,6 juta kematian setiap tahun

Sebanyak 15% biaya harus dikeluarkan untuk rumah sakit terkait dengan penanganan kegagalan keselamatan pasien di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Sebanyak empat dari 10 pasien di dunia dirugikan dalam pengaturan perawatan primer dan rawat jalan, padahal sampai 80% kerugian akibat pengaturan ini dapat dihindari. 

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home