Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:00 WIB | Kamis, 23 Maret 2017

PBB Temukan 10 Kuburan Massal di RD Kongo

Ilustrasi. Kuburan massal di Kongo. (Foto: Reuters)

KINSHASA, SATUHARAPAN.COM – PBB pada Rabu (22/3) mengatakan bahwa penyidik menemukan 10 kuburan massal di wilayah Kasai di Republik Demokratik Kongo (RD Kongo) tengah.

“Kami telah memberi tahu pemerintah (Kongo) mengenai keberadaan tujuh kuburan massal di kota Demba... dan tiga lainnya di Tshimbulu,” kata pejabat HAM PBB Barbara Matasconi kepada para reporter di ibu kota Kinshasa.

Wilayah terpencil itu dilanda kekerasan sejak pertengahan Agustus, ketika pasukan pemerintah menewaskan kepala suku dan pemimpin milisi, Kamwina Nsapu, yang memberontak terhadap pemerintah Presiden Joseph Kabila.

Bentrokan antara pasukan pemerintah dan pendukung Nsapu dimulai di Kasai tengah, namun sejak saat itu kekerasan menyebar ke provinsi Kasai-Oriental dan Lomami, menewaskan sedikitnya 400 orang.

Matasconi mengatakan kantornya mendengar ada dugaan “sangat serius” mengenai kuburan massal lainnya, namun belum “dikonfirmasi.”

Pemerintah Kongo sebelumnya mengakui keberadaan tiga kuburan massal di kawasan tersebut, namun tidak memberikan detail lain tentang identitas orang-orang yang tewas atau bagaimana mereka tewas. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home