Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:26 WIB | Kamis, 11 Februari 2016

PBSI Sumsel Berniat Rombak GOR Jakabaring

Ilustrasi: Suasana penyelenggaraan sebuah kejuaraan bulu tangkis di Jakarta, pada 2014. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (Pengprov PBSI) Sumatera Selatan, Densyah mengemukakan saat ini pihaknya mengupayakan  renovasi  Gelanggang Olahraga (GOR) Dempo, Jakabaring, Palembang, agar dapat menggelar turnamen bulu tangkis bertaraf internasional.

“Kami ingin membangun GOR selevel Superseries, agar kedepannya Palembang bisa menggelar turnamen bulu tangkis level Superseries,” kata Densyah di Pelatnas PBSI Pusat, Cipayung, Jakarta Timur, hari Rabu (10/2).

Densyah menambahkan tujuan renovasi tersebut  guna memperkuat keberadaan Palembang sebagai  pusat kota olahraga internasional. “Selain itu renovasi ini juga dalam rangka persiapan Asian Games 2018 mendatang,” kata Densyah.

Densyah bersama beberapa Pengurus provinsi PBSI Sumatera Selatan lakukan kunjungan ke Pelatnas PBSI, mereka berdiskusi dengan pengurus PBSI Pusat  untuk membicarakan minat mengenai standar gedung  untuk turnamen bulutangkis.

Densyah menjelaskan renovasi rencananya akan dimulai pada awal tahun 2017 mendatang, dengan perkiraan satu tahun pembangunan, dan akan selesai di akhir tahun 2017

“Ini merupakan salah satu upaya Sumatera Selatan untuk mendukung PP PBSI untuk menempatkan pertandingan bulutangkis superseries di daerah,” kata Densyah.

Menurut situs resmi PBSI, GOR dengan standar turnamen bulutangkis level superseries setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria. Seperti jumlah lapangan minimal lima lapangan dengan panjang arena 60 meter dan lebar 35 meter, memiliki tribun penonton yang berkapasitas minimal 5000 orang, memiliki ruangan pendukung yang memadai seperti ruangan media, ruangan tes dopping, referee lounge, ruangan untuk sponsor, tamu VIP, players lounge, broadcasting dan musholla.

Selain itu GOR juga harus memiliki lighting yang memadai, dua lapangan pemanasan, akses lapangan yang sesuai dengan alur pertandingan, serta fasilitas untuk disable, yang nantinya bisa digunakan untuk para-badminton.

Menurut situs resmi PBSI, GOR Dempo Jakabaring Sport City Palembang sendiri dibangun pada tahun 2004 untuk Pekan Olahraga Nasional (PON).

Densyah  mengatakan bahwa Provinsi Sumatera Selatan akan  meningkatkan kerjasama dengan PBSI terkait pelaksanaan even seperti Piala Thomas dan Uber, Piala Sudirman serta Pelatnas desentralisasi.

Guna menunjang even tersebut, Densyah menjelaskan, GOR Dempo Jakabaring Sport City Palembang pun diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan bukutangkis.

Dalam kesempatan yang sama Achmad Budiharto, Wakil Sekjen PP PBSI, mengemukakan rencana renovasi GOR Dempo Jakabaring Sport City, Palembang.

Budiharto mengharapkan kota Palembang di masa depan bisa menjadi salah satu tuan rumah turnamen bulutangkis skala internasional.

“Masyarakat di daerah juga bisa menyaksikan langsung kehebatan para pemain kelas top dunia ketika mereka bertanding,” kata  Budiharto. (badmintonindonesia.org).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home