Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 11:25 WIB | Kamis, 02 Juli 2015

PD Pasar Jaya Gelar Operasi Pasar di 153 Titik

Truk pasar murah yang akan beroperasi di 153 titik diluncurkan dari Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, hari Kamis (2/7). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  Perusahaa Dagang (PD) Pasar Jaya bersama Artha Graha Peduli menggelar operasi pasar  sebanyak 153 pasar tradisional di wilayah DKI Jakarta. Operasi ini akan digelar bertahap mulai hari ini, Kamis (2/7) sampai 16 Juli mendatang. Per hari, operasi pasar digelar di sepuluh pasar berbeda di wilayah DKI.

Bahan pokok yang dijual dalam operasi pasar tersebut di antaranya beras, daging ayam, daging sapi, telor ayam, dan bawang merah. 

“Tiap hari 10 pasar kemudian besoknya ganti lagi 10 pasar lagi,” kata Direktur Utama Pasar Jaya, Ir Djangga Lubis, hari ini (2/7).

Dalam pembukaan operasi pasar itu, dilepas pula sebanyak 33 truk yang mengangkut berton-ton beras. Pelepasan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sejumlah beras yang diangkut di 33 truk itu berasal dari Bulog, dari Artha Graha Peduli, Pasar Jaya, dan Tani Kuno.

Untuk hari ini, operasi pasar akan digelar di Pasar Palmerah, Pasar Koja Baru, Pasar Tomang Barat, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Klender SS, Pasar Petojo Ilir, Pasar Pademangan Timur, Pasar Grogol, Pasar Minggu, dan Pasar Kramat Jati.

Sementara itu, Ahok meminta transaksi ini dilakukan secara non tunai. Transkaksi melalui e-money diakui Ahok lebih efektif. Selain itu, pemerintah juga akan mendapat data siapa saja yang belanja di pasar murah ini.

“Saya ingin data. Kalau dengan cash, saya tidak mendapat data. Saya ingin tahu tiap kali operasi pasar, yang butuh barang ini siapa saja. Jadi saya bisa cocokkan dengan data BPS (Badan Pusat Statistik, Red) orang ini kaya atau miskin. Saya bisa cocokkan, ini semua ada data saya bisa kaji,” kata Ahok.

Namun demikian, Djangga masih akan mencoba transaksi non tunai selama enam hari pertama.

“Kita akan coba memang kemarin kalau melihat kondisi di lapangan gitu. Memang butuh data jadi kami akan enam hari ke depan kita coba non tunai. Kita kan ada enam bank yang standby, ada Bank DKI, Bank BNI, dan Bank BCA. Kita siapkan alat itu di lapangan, mereka bersama-sama kita di operasi pasar,” kata Djangga.
 

Daftar Target Operasi Pasar

Hari Kamis 2 Juli, Pasar Pal Merah, Koja Baru, Tomang Barat, Kebayoran Lama, Klender, Petojo Ilir, Pademangan Timur, Grogol, Minggu, dan Kramat Jati.

Hari Jumat 3 Juli, Pasar Petojo Ilir, Teluk Gong, Jembatan Dua, Pondok Labu, Ciracas, Johar Baru, Muara Angke, Jelambar Polri, Manggis, dan Cawang Kavling.

Hari Sabtu 4 Juli, Pasar Rawa Kerbau, Pademangan Timur, Grogol, Mampang Prapatan, Perumnas Klender, Lontar, Teluk Gong, Jembatan Besi, Menteng Pulo, dan Cipinang Muara.

Hari Minggu 5 Juli, Pasar Gondangdia, Kali Baru, Ganefo, Tebet Barat, Kramat Jati, Rawa Kerbau, Pademangan Barat, Pos Pengumben, Tebet Timur, dan Ciplak.

Hari Senin 6 Juli, Pasar Lontar, Anyar Bahari, Cengkareng, Minggu, Ujung Menteng, Gondangdia, Pademangan Timur, Slipi, Tebet Barat, dan Cakung.

Hari Selasa 7 Juli, Pasar Cempaka Putih, Lontar, Kedoya, Lenteng Agung, Rawamangun, Kombongan, Kelapa Gading, Glodok, Cidodol, dan Duren Sawit.

Hari Rabu 8 Juli, Pasar Gembrong, Sukapura, Jembatan Lima, Blok A, Pulo Gadung, Serdang, Rawa Badak, Jembatan Lima, Pondok Indah, dan Pondok Bambu.

Hari Kamis 9 Juli, Pasar Johar Baru, Kelapa Gading, Glodok, Mayestik, Jatinegara, Sumur Batu, Anyar Bahari, Ganefo, Cipete, dan Ujung Menteng.

Hari Jumat 10 Juli, Pasar Pal Merah, Koja Baru, Tomang Barat, Kebayoran Barat, Klender SS, Cempaka Putih, Koja Baru, Kalideres, Mede, dan Pal Meriam.

Hari Sabtu, 11 Juli Pasar Petojo Ilir, Teluk Gong, Jembatan Dua, Pondok Labu, Ciracas, Gembrong, Kali Baru, Kedoya, Lenteng Agung, dan Cibubur.

Hari Minggu, 12 Juli pasar Rawa Kerbau, Pademangan Timur, Grogol, Mampang Prapatan, Perumnas Klender, Gembrong, Tugu, Sawah Besar, Warung Buncit dan Pulo Gadung.

Hari Senin, 13 Juli Pasar Gondangdia, Kali Baru, Ganefo, Tebet Barat, Kramat Jati, Cempaka Putih, Sukapura, Jembatan Dua, Pondok Labu, dan Kampung Ambon.

Hari Selasa, 14 Juli Pasar Lontar, Anyar Bahari, Cengkareng, Minggu, Ujung Menteng, Sumur Batu, Lontar, Kedoya, Lenteng Agung, dan Enjo.

Hari Rabu, 15 Juli Pasar Cempaka Putih, Lontar, Kedoya, Lenteng Agung, Rawamangun, Serdang, Kali Baru, Kalideres, Mede, dan Jambul.

Hari Kamis, 16 Juli Pasar Gembrong, Sukapura, Jembatan Lima, Blok A, Pulo Gadung, Kombongan, Koja Baru, Ganefo, Cipete, dan Cijantung.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home