Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 12:31 WIB | Kamis, 02 Juli 2015

PD Pasar Jaya Sediakan 5 Juta Kilogram Stok Beras Murah

Ilustrasi: Para warga saat mengantre untuk membeli beras murah dari Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam gelar operasi beras murah. (Foto: Dok.satuharapan.com/ Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak lima juta kilogram stok beras berkualitas medium akan dijual dalam operasi pasar di 153 pasar tradisional di wilayah Jabodetabek. Beras kualitas premium ini akan dibanderol dengan harga Rp 9.000 per kilogram. Selain beras berkualitas medium, beras berkualitas premium juga akan dijual dengan harga Rp 9.300 perkilogram. Untuk beras berkualitas premium, akan disediakan stok sebanyak 125.000 kilogram. Beras-beras ini dipasok oleh Yayasan Artha Graha Peduli, PD Pasar Jaya, dan Koperasi Tani Kuno.

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Djangga Lubis, mengatakan masyarakat dapat membeli bahan kebutuhan pokok dari berbagai barang yang didistribuskan menggunakan 33 truk pengangkut. Bila dibanding denga harga pada umumnya, selisih harga bahan pokok yang dijual dalam operasi pasar ini pun relatif besar.

“Ya kan lebih murah lewat kita. Misalnya gini, beras medium harga di tempat lain Rp 10.500. Di kami jual Rp 9000, ini beras medium. Beras premium harga di pasar Rp 12.500, kami jual Rp 9.300,” kata Djangga di Balai Kota, Jakarta Pusat, hari Kamis (2/7) pagi.

Selain beras, operasi pasar di 153 titik ini juga akan menyediakan daging sapi, ayam potong negeri, dan telor ayam negeri. Untuk daging sapi impor disediakan sebanyak satu juta kilogram dengan harga Rp 70.000 per kilogram, daging sapi Bali sebanyak 10 juta dijual dengan harga Rp 90.000 per kilogram. Sementara untuk daging sapi lokal disediakan stok 200.000 kilogram. Untuk paha belakang, dijual seharga Rp 89.000 per kilogram, sedangkan untuk paha depan dijual seharga Rp 85.000 per kilogram.

Selanjutnya untuk ayam potong negeri, disediakan 5.000 kilogram dengan harga Rp 25.000 per kilogram, sedagkan untuk telor ayam negeri disediakan 50.000 kilogram dengan harga Rp 21.000 per kilogram.

Daging sapi disediakan oleh Yayasan Artha Graha Peduli, PT Hebat Indonesia Mandiri, dan PD Dharma Jaya, sedangkan ayam potong negeri dan telor ayam negeri disediakan oleh Asosiasi Peternakan Indonesia.

Tim pelaksana operasi pasar ini dibagi menjadi beberapa tim, yakni tim PD Pasar Jaya dengan anggota PD Pasar Jaya, PT Sinar Mas, Koperasi Tani Kuno, PT Hebat Indonesia Mandiri, dan Asosiasi Peternakan Indonesia melangsungkan operasi pasar di lima lokasi pasar tiap hari. Tim ini menjual beras, minyak goreng, daging sapi lokal daging ayam, dan telor ayam. Tim pelaksana Yayasan Artha Graha Peduli melangsungkan operasi pasar di 10 pasar tiap harinya menjual beras dan daging sapi impor. Tim Perum Bulog dengan jumlah stok pasokan, harga produk, dan lokasi pasar ditangani langsung oleh Perum Bulog di 20 pasar per hari menjual minyak goreng, bawang merah, beras, daging sapi, dan gula. Sementara itu keikutsertaan PD Dharma Jaya menyesuaikan jadwal tim operasi pasar PD Pasar Jaya.  

Transaksi pembayaran melakukan transaksi non tunai melalui PT Bank DKI, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), dan PT Bank Cetral Asia, Tbk. 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home