Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:10 WIB | Rabu, 30 Juli 2014

Pecatur Irene Kharisma Sukandar Raih Gelar IM Putra

Pecatur Irene Kharisma Sukandar Raih Gelar IM Putra
Irene Kharisma Sukandar (kiri) bersama Medina Warda Aulia (kanan) memperlihatkan sertifikat diploma yang mereka raih di Pardubice Chess Festival yang berlangsung 14 - 27 Juli. (Foto-foto: inachess.com).
Pecatur Irene Kharisma Sukandar Raih Gelar IM Putra
Irene Kharisma Sukandar (paling kiri) bersama tim putri olimpiade catur Indonesia lainnya pada di Pardubice Chess Festival yang berlangsung 14 - 27 Juli.

PARDUBICE, SATUHARAPAN.COM – Di balik kemenangan beberapa pecatur putri di Pardubice, Republik Ceska pada Pardubice Chess Festival yang berlangsung 14 - 27 Juli, terdapat prestasi khusus yang diraih pecatur putri Irene Kharisma Sukandar. Pecatur kelahiran 1992 itu berhasil mengubah gelarnya yang semula WGM (Woman Grand Master) menjadi IM (International Master) untuk putra.

Gelar IM putra diberikan Federasi Catur Dunia (FIDE) kepada pecatur putri bergelar WGM yang memiliki elo rating sejajar pecatur putra, yakni dalam rentang antara 2400 hingga 2499. 

Irene bertanding pada turnamen berkategori A,  atau turnamen yang diperuntukkan bagi WGM dan GM putra yang memiliki rating FIDE di atas 2400. Irene memperoleh lima poin hasil empat kali menang dan satu kali tumbang, sehingga poin Irene bertambah 27 poin dari turnamen sebelumnya, dengan demikian rating Irene ikut terkatrol dari yang semula hanya 2375.

Kepastian Irene merebut gelar IM putra sangat terbuka karena saat masih bergelar WGM dia senantiasa mengantongi norma (prasyarat) dari turnamen yang dia ikuti. Norma tersebut penting untuk mendapat elo rating yang tinggi sehingga setelah sepuluh kali mengantongi norma tersebut dia bisa resmi mendapat gelar IM untuk putra.

Penjelasan Perbedaan Rating Putra dan Putri

Pada cabang olahraga catur, FIDE membedakan kemenangan yang diraih pecatur putra dan putri, termasuk untuk tambahan elo rating. FIDE pada setiap turnamen yang bersifat terbuka (putra dan putri) setiap kelasnya terdiri atas pecatur yang berada dalam elo rating berbeda 25 poin. Contohnya kategori 1, untuk pecatur dengan rating 2251 hingga 2275, kategori 2 untuk pecatur dengan rating 2276 hingga 2300.

Bagi turnamen yang bersifat tertutup (khusus putri), kategori tersebut sama, namun dengan 200 poin rating yang lebih rendah. Contohnya kategori 1, adalah turnamen yang diperuntukkan bagi pecatur putri dengan rating 2051 hingga 2075, dan seterusnya. Pada kategori 23 merupakan turnamen yang diperuntukkan bagi pecatur dengan elo rating tertinggi mulai dari 2801 hingga 2825.  

Tingginya tambahan rating yang direbut Irene karena kuatnya lawan-lawan yang ia hadapi. Lima dari delapan lawannya adalah pecatur bergelar GM dengan rating di atas 2500, yaitu GM Konstantin Chernyshov (Rusia, 2508), GM Susanto Megaranto (Indonesia, 2532), GM Hannes Stefansson (Islandia, 2536), GM Robert Cvek (Republik Ceska, 2516), dan GM Gennadi Gutman (Ukraina, 2479). Dari lima GM tersebut Irene hanya kalah sekali dari Robert Cvek, sisanya berakhir remis.

Sementara tiga kemenangan Irene dibukukan atas Filip Vala (Republik Ceska, 2171), Michael Sorin (Israel, 2249), dan IM Genadi Ageichenko (Rusia, 2297).

Berita lainnya tentang olahraga catur di Indonesia dapat dibaca pada tautan berikut:

Medina Warda Aulia Juara di Bulgaria
Dita Karenza Juara Senior Putri Japfa Chess 2014
Ummi Lolos Seleksi Pelengkap Tim Putri Olimpiade Catur 2014
Chelsie Monica Mempersiapkan Diri Menjelang Olimpiade Catur 2014 (inachess.com/wikipedia.org).

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home