Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:42 WIB | Kamis, 07 April 2016

Pejabat FIFA Mengundurkan Diri, Terkait Panama Papers

Ilustrasi: Pendukung tim nasional Uruguay. (Foto: cnn.com).

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Asosiasi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Anggota Komite Kode Etik FIFA, Pedro Damiani mengundurkan diri dari posisinya karena namanya disebut dalam skandal Panama Papers.

“Kami mengkonfirmasi Damiani mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota  Komite Etik independen FIFA,” kata juru bicara panel FIFA, Marc Ter Buecken seperti diberitakan Astro Awani, hari Rabu (6/4).

Dari bocoran Panama Papers yang diolah kembali oleh Astro Awani menunjukkan Damiani memiliki perusahaan yang membantu perusahaan milik Eugenio Figueredo yang menghadapi tuduhan korupsi di dalam posisinya saat masih menjabat Kepala Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan.

Damiani merupakan tokoh berpengaruh di Uruguay, selain menjadi pengacara ternama, dia juga menjabat posisi Presiden klub sepak bola Liga Uruguay, Penarol.

Panama Papers menunjukkan  firma hukum yang menjadi milik Damiani adalah salah satu perusahaan yang menjadi klien Mossack Fonseca (Mossfon), penyedia perusahaan lepas pantai perusahaan yang berkantor pusat di Panama.

Skandal Panama Papers tidak hanya menyeret Damiani, namun Presiden FIFA yang belum lama terpilih, Gianni Infantino juga ikut terseret, dalam kaitannya dengan posisinya terdahulu di Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

“Hari ini kami menerima kedatangan polisi federal Swiss terkait kontrak UEFA dengan perusahaan Teleamazonas," kata sumber UEFA seperti dikutip independent.co.uk, hari Selasa (5/4).

Sebelumnya, media Jerman Suddeustche Zeitung mempublikasikan dokumen rahasia milik Mossack Fonseca, salah satunya soal kontrak penjualan hak siar Liga Champions dan kompetisi lainnya yang dilakukan Infantino.

 

(astroawani.com/independent.co.uk/suddeutschezeitung.de)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home