Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:39 WIB | Selasa, 27 Januari 2015

Pejuang Kurdi Berhasil Kuasai Kota Kobane dari NIIS

Pejuang Peshmerga Kurdi. (Foto: AFP)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM - Pejuang Kurdi berhasil mengusir NIIS (Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS) dari kota perbatasan Kobane Suriah setelah pertempuran selama lebih dari empat bulan, ujar Obseravtaorium HAM Suriah pada Senin (26/1).

Rami Abdel Rahman, direktur lembaga pemantau itu, mengatakan kepada AFP bahwa para pejuang dari Unit Perlindungan Rakyat (People's Protection Units atau YPG) Kurdi berhasil “mengusir seluruh militan ISIS dari Kobane dan menguasai secara penuh kota tersebut.” 

“Pejuang Kurdi sedang memburu beberapa militan ISIS di wilayah pinggiran timur Kobane, namun saat ini tidak terdapat pertempuran lainnya di dalam kota.”

Kehilangan Kobane, yang juga dikenal sebagai Ain al-Arab, akan menjadi pukulan simbolis penting bagi ISIS, yang telah kehilangan lebih dari 1.000 militan dalam upaya menguasai kota itu sejak 16 September.

Pada momen tertentu ISIS tampak hampir menguasai kota itu, yang terletak di perbatasan Turki-Suriah, dengan daya serang yang luar biasa dan gelombang militan asing.

Namun pejuang Kurdi yang didukung serangan udara yang dipimpin Amerika Serikat secara bertahap berhasil memukul mundur ISIS, dengan para analis mengatakan kehilangan kota itu dapat menghentikan rencana ekspansi ISIS di Suriah. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home