Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 21:08 WIB | Rabu, 04 Mei 2016

Pelajaran dari Klub Leicester City untuk Kepemimpinan Gereja

Fans Leicester City mengungkapkan kegirangan ketika klub kesayangannya menjadi juara Liga Premiere. (Foto: AFP/Justin Tallis)

SATUHARAPAN.COM – Apa yang dapat kita pelajari dari keberhasilan klub sepak bola Leicester City terkait kepemimpinan di gereja? Dr Ian Paul dari Gereja St Nicholas Nottingham mencatat ada tujuh.

Kemenangan Leicester City di Liga Premier telah dipuji sebagai suatu keajaiban; bahkan “kemenangan di olahraga yang paling mustahil dicapai”. Di permukaan, tampaknya seolah-olah manajer Claudio Ranieri pun terkejut dengan hasil itu. Dalam sebuah wawancara ia ditanyai tentang rahasia keberhasilannya:

Pewawancara: “Apa rahasia sukses Leicester musim ini?”

Ranieri: “Saya tidak tahu, ummm, bermain dengan hati dan jiwa.”

Begitulah. Tidak ada strategi andalan, tidak ada gebrakan di awal musim yang mungkin mereka lakukan. Hanya bermain “dengan hati dan jiwa,” yang tampaknya, kadang-kadang dapat membawa Anda melangkah jauh.

Namun, bagi Ian Paul, ia mencatat tujuh hal menonjol dari kedigdayaan Leicester ini. Dan, ini dapat diterapkan dalam kepemimpinan di gereja.

1. Carilah ke Mungkin

Salah satu hal penting adalah tentang daftar pemain Leicester. Terutama tentang kehadiran pemain yang sudah ditolak klub-klub lain. Misalnya, pemain yang sangat produktif gol-golnya, Jamie Vardy. Vardy dikeluarkan dari sekolah sepak bola Sheffield Wednesday pada umur 16 dan harus bermain untuk klub non-liga Stocksbridge Park Steel sambil bekerja paruh waktu sebagai teknisi medis. Untuk beberapa waktu ia harus diganti di babak kedua karena menjalani hukuman percobaan dalam kasus penyerangan.

Riyad Mahrez, yang telah menjadi koordinator utama di tim, dianggap oleh sebagian besar pengamat posturnya terlalu kecil untuk bermain sepak bola profesional. Dia belajar sepak bola tidak di akademi, tapi bermain di jalanan di kampung halamannya di Sarcelles di Prancis.

Hal ini menarik untuk membandingkannya dengan orang-orang yang dipilih Yesus untuk menjadi rasul-Nya. Secara duniawi, mereka tidak mungkin dipilih. Profil yang tidak memenuhi, awal yang buruk, dan kesalahan di sepanjang jalan tidak mengecualikan mereka berada di tim Yesus.

2. Kemurahan Lebih Penting daripada Ego

Sepak bola terkenal karena permainan individu dengan ego besar, sering kali dibandingkan dengan rugby yang menempatkan prioritas pada komitmen tim. Pengeluaran Leicester kurang dari sepertujuh dari jumlah upah pemain Chelsea. Namun, Chelsea masih harus berjuang sementara Leicester telah di atas—sebagian karena pemain mahal datang dengan ego besar serta tagihan yang besar. Leicester memiliki sistem perekrutan yang berkembang dengan baik yang bekerja keras untuk menemukan bakat yang dilewati klub lain.

Hal ini menarik untuk melihat dalam Injil bagaimana Yesus melihat potensi yang belum dilihat orang lain. Apakah seorang nelayan di Galilea dapat membayangkan bahwa, dalam beberapa tahun, ia akan berkhotbah kepada banyak peziarah di Yerusalem? Dapatkah seorang Farisi membayangkan bahwa suatu hari sang nelayan itu akan mengubah jalannya sejarah?

3. Membangun Hubungan

Ranieri dikenal sebagai manajer yang informal dan mudah ditemui. Ia menginvestasikan banyak waktu dengan tim baik di dalam dan luar lapangan. Alih-alih datang dan mengubah segalanya sesuai keinginannya, ia memilih percaya pada mereka yang tahu apa yang mereka lakukan, dan membangun rasa saling menghormati dan tanggung jawab.

Yesus bekerja dengan model pelatihan rabbi Yahudi di mana murid tidak hanya mendengarkan ajaran guru mereka. Namun, Yesus memberikan semua aspek dalam kehidupan dan perilakunya. Ini adalah bentuk terkemuka yang menempatkan hubungan di hati.

4. Bersenang-senang

Ketika Ranieri menyadari bahwa tim yang membutuhkan peningkatan pertahanan mereka, dia—yang seorang Italia—berjanji pada mereka bahwa pada pertandingan berikutnya jika mereka dapat terus mempertahankan “gawang bersih” ia akan membawa mereka semua keluar untuk makan pizza. Dia benar memenuhi janjinya— tapi bukannya membeli pizza, mereka pergi ke sebuah restoran di mana mereka semua bisa membuat pizza mereka sendiri bersama-sama sebelum makan mereka. Ini menjadi dikenal sebagai 'saat pizza' dan menandai titik balik dalam nasib tim.

Yang terus menerus dituduhkan pada Yesus adalah bahwa ia banyak bersenang-senang—”orang ini makan dan minum dengan orang-orang berdosa!” Hal ini jelas dari Injil bahwa Yesus mencintai kehidupan dan menarik orang ke dalam persekutuannya. Dan, penelitian pertumbuhan gereja menunjukkan bahwa gereja yang sehat dan tumbuh secara konsisten adalah tempat di mana orang tertawa dan bersenang-senang bersama.

5. Memperhatikan Kebutuhan Individu, Bukan Hanya Tugas dan Tim

Selama wawancara saat Leicester sedang menuju gelar, satu pemain membuat komentar mengharukan, “Ini adalah hari ulang tahun saya, dan Claudio ingat. Anda tidak menemukan banyak manajer yang melakukan itu...” Mungkin ini dakwaan menyedihkan pada teknik manajemen—tetapi perhatian terhadap individu membuat semua perbedaan.

Dari waktu ke waktu dalam narasi Injil, kita melihat Yesus memenuhi kebutuhan individu. Kerumunan mungkin menekan di sekitar dan para murid mendesak dia, mereka yang membutuhkan semua berteriak-teriak meminta perhatian—namun, Yesus menemukan waktu untuk berhenti dan fokus pada kebutuhan satu orang di depannya.

6. Menjaga Prioritas Menjadi yang Pertama

Ranieri cepat melihat hal-hal kunci yang diperlukan Leicester menjadi fokus mereka. Daripada masuk ke detail terlalu banyak, ia secara konsisten menunjuk isu utama—dalam kasus mereka, menjaga bola keluar dari jaring mereka sendiri.

Yesus menunjukkan fokusnya sendiri pada panggilan Tuhan baginya, “mengarahkan wajahnya ke Yerusalem”, Lukas memberi tahu kita. Dan, ia mengajak kita untuk “mencari dahulu Kerajaan Allah—semua hal-hal lain akan ditambahkan”. Gereja yang tumbuh adalah yang fokus pada beberapa hal dan melakukannya dengan baik.

7. Istirahat

Ranieri merobek buku peraturan ketika menemui pemainnya. “Anak-anak saya sedang berlatih banyak, tapi tidak boleh terlalu banyak. Di Inggris permainan sepak bola adalah selalu dengan intensitas tinggi dan menghancurkan orang-orang. Mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih. Kami bermain pada hari Sabtu dan Minggu semua orang bebas melakukan apa saja.”

Yesus mengundang orang-orang yang “lelah dan berbeban berat” untuk datang kepadanya untuk beristirahat. Milton Jones bercanda bahwa orang takut pada gereja seperti mereka takut pada helikopter: “Mereka khawatir mereka akan terjebak dalam keributannya.” Bisakah kita kembali gagasan bahwa gereja bukan tentang bergabung dengan tim ini atau tim itu yang membuat setiap anggota kelelahan. Gereja adalah tempat orang menemukan peristirahatan? (Christian Today)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home