Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 11:44 WIB | Minggu, 28 Agustus 2016

Pelaku Teror Bom Serang Gereja Katolik Medan Saat Misa

Personil kepolisian melakukan pengamanan di Gereja Katolik Stasi Santo Yosep di Jalan Dr Mansur Nomor 75 Medan, hari Minggu (28/8). (Foto: news.analisadaily.com)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM – Umat di Gereja Katolik Stasi Santo Yosep di Jalan Dr Mansur Nomor 75 Medan, hari Minggu (28/8) dikejutkan dengan upaya teror dengan membawa bom saat misa berlangsung.

Teror bom bunuh diri tersebut menyebabkan pengkotbah di gereja itu yakni Pastor Albret S Pandingan mengalami luka ringan di bagian lengan kiri.

Keterangan dari beberapa saksi menceritakan, peristiwa itu terjadi ketika Pastor Albert S Pandingan mau berkotbah di depan mimbar.

Namun, tiba-tiba seorang laki-laki yang diduga berinisial IAH menghampiri pastor tersebut sambil membawa sebuah bom rakitan dalam tas.

Foto identitas yang diduga pelaku teror bom diterima satuharapan.com, hari Minggu (28/8). Sejauh ini pihak kepolisian belum memberikan keterangan terkait peristiwa tersebut. (Foto: dok.)

Laki-laki itu juga membawa sebilah pisau dan bermaksud menyerang pastor tersebut.

Beberapa jemaat gereja tersebut langsung menghubungi pihak kepolisian yang menurunkan tim penjinak bahan peledak dari Satuan Brimob Polda Sumut.

Seorang satu saksi mata yang juga jemaat gereja, Randa mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 08.45 WIB. Saat itu ada dua orang yang sudah berada di dalam gereja mengenakan sweater dan seluruh badannya terlihat ada kabel yang melilit.

"Tadi pas sedang ibadah, tiba-tiba ada orang yang mencoba mau meledakan bom, karena di badannya ada kabel listrik yang sudah berapi," kata Randa seperti dikutip dari news.analisadaily.com, hari Minggu (28/8).

Dia mengatakan, bom yang diledakkan tidak besar dan hanya meledak kecil. Kemudian satu dari dua pelaku langsung lari keluar. Satunya lagi mencoba lari ke altar tempat pastor berkhotbah, dan menyerang pastor dengan kapak.

"Melihat dia lari dan mencoba menyerang pastor Albert S. Pandingan, kita di sini langsung menghentikannya," katanya.

Selain mengamankan pelaku teror, pihak kepolisian juga melakukan sterilisasi di gereja tersebut melalui tim penjinak bahan peledak dari Satuan Brimob Polda Sumut.

Namun, hingga menjelang pukul 10.00 WIB, belum ada pejabat kepolisian yang memberikan keterangan mengenai peristiwa tersebut. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home