Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Melki Pangaribuan 09:57 WIB | Rabu, 24 Juni 2015

Pelatihan Anjing Agar Miliki Kemampuan Mengendus Lebih Kuat

Bailey, jenis labrador dan poodle yang mengasah indera penciumannya. (Foto: radioaustralia.net.au)

TASMANIA, SATUHARAPAN.COM - Anjing berbagai jenis akan mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan kemampuan mereka dalam mengendus. Pelatihan akan digelar dengan menampilkan pelatih anjing internasional di kota Hobart, Tasmania, pada akhir bulan Juni ini.

Pelatihan mengendus, diberi nama K9 Nose Work, yang berawal dari Amerika Serikat sekitar setahun lalu.

Para pesertanya adalah anjing-anjing dengan segala kemampuan yang akan mengendus kotak-kotak yang telah berisi makanan, beberapa memiliki bau yang berbeda jika sejumlah tingkat kemampuan telah dicapai.

"Kotak-kotak ditaruh di tempat yang berbeda-beda. Untuk mempermudah anjing-anjing, mereka mulai dengan dari dalam luar ruangan kemudian ke luar ruangan," ujar Vicki Cleaver, pemiliki yayasan anjing Clever Pawz.

Kadang-kadang anjing bisa merasa cemas, stres atau bosan ketika pemiliknya tidak berada di rumah. Tapi lewat permainan ini memungkinkan mereka untuk melakukan berbagai jenis latihan fisik, karena mereka akan menemukan makanan mereka di dalam kotak.

Intinya, anjing-anjing ini akan tetap beraktivitas dan akan mendapatkan 'hadiah' atau makanan bagi mereka.

"Kita hanya membutuhkan sekitar lima atau 10 menit untuk menstimulasi mental dan mereka benar-benar lelah. Ini menjadi aktivitas yang sangat baik untuk anjing," kata Cleaver.

"Sama seperti manusia ... jika kita sedang duduk di meja dan terus menggunakan otak untuk bekerja dengan situasi yang kompleks, akan melelahkan mental pada akhirnya."

Cleaver mengatakan bahwa olahraga mengendus cocok untuk setiap anjing dari segala usia. Olahraga ini juga bisa membantu anjing yang memiliki keterbatasan fisik.

"Ini bagus untuk anjing yang memiliki kecacatan, karena mereka tidak dapat berjalan-jalan cukup banyak. Bahkan anjing yang telah direhabilitasi pun, jika mereka selesai dioperasi, termasuk untuk melatih anak-anak anjing yang baru dilahirkan" katanya.

Teknik ini juga bisa digunakan untuk melatih agar anjing-anjing memiliki kemampuan mengendus aroma dan bau yang kuat.

Pelatihan K9 Nose Work and Stress Heads akan digelar di Hobart, Tasmania pada tanggal 27 dan 28 Juni mendatang, dengan menghadirkan sejumlah pelatih anjing internasional.

10 persen keuntungan yang didapatkan dari acara pelatihan akan disumbangkan untuk Dogs Home of Tasmania. (radioaustralia.net.au)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home