Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 14:25 WIB | Jumat, 26 Agustus 2016

Pelempar Cakram Polandia Jual Medali Bantu Penderita Kanker

Atlet lempar cakram putra Polandia, Piotr Malachowski. (Foto: sportaport.com)

SATUHARAPAN.COM – Atlet lempar cakram putra Polandia, Piotr Malachowski, melakukan tindakan yang tidak terduga dan berhubungan dengan kemanusiaan, karena setelah dia memenangkan medali perak di Olimpiade 2016, medali tersebut dia jual karena mendengar kabar anak berusia tiga tahun menderita kanker.

Menurut International Businness Times, hari Kamis (25/8), atlet berusia 33 tahun mengumumkan pekan lalu ia akan melelang medali setelah ia menerima surat dari ibu yang memiliki anak penderita retinoblastoma atau kanker mata bernama Olek Szymanski.

Saat berlaga di Olimpiade 2016, atlet lempar cakram tersebut merebut medali perak bagi Polandia.

Menurut sebuah posting Facebook Malachowski, Olek diharuskan berobat ke New York, yang tentunya biayanya sangat mahal.  

“Di Rio saya berjuang untuk emas," menurut Malachowski.

Malachowski mengatakan aksinya tidak bertujuan mencari sensasi, namun hanya ingin mempersembahkan segala sesuatu yang  berharga bagi Olek yakni kesehatan.  “Kesehatan anak ini sangat berharga,” kata Malachowski.

Sebuah yayasan Polandia bernama Siepomaga sudah berhasil mengumpulkan sepertiga dari sekitar 126.000 dolar AS (setara Rp 1,66 miliar) yang dibutuhkan untuk mendanai biaya perawatan sang bocah di klinik onkologi David Abramson di New York, Amerika Serikat (AS).

Malachowski mengatakan hingga Kamis (25/8) biaya pengobatan bagi Olek sudah terpenuhi. “Kami mampu menunjukkan bahwa di dalam dunia banyak orang dapat melakukan keajaiban," kata Malachowski.

Malachowski juga memenangkan medali perak di Olimpiade Beijing pada 2008.   (ibtimes.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home