Loading...
RELIGI
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 00:00 WIB | Kamis, 21 Maret 2013

Pelihara Bumi Menjadi Pesan Paskah Tahun Ini

Sekretaris Jenderal Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Pdt. Gomar Gultom, mengajak masyarakat menumbuhkan iman kekristenan melalui sadar lingkungan.

[JAKARTA] Perayaan Paskah akan segera dijelang di akhir bulan Maret ini. Tepatnya pada hari Sabtu 31 Maret mendatang seluruh umat Kristiani di Indonesia dan di dunia akan bersama-sama memperingati hari Kebangkitan Yesus Kristus. Lalu, apa sajakah yang harus dipersiapkan oleh gereja-gereja di Indonesia dalam menyambut Paskah?

Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), dalam perayaan Paskah tahun ini akan menyiapkan acara-acara dengan tema besar "Kristus Yang Sulung dari Segala yang Diciptakan". Lewat tema yang diambil dari Kolose 1:18 ini, PGI ingin juga berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara bumi, sebagai rumah dan sebagai tempat berpijak.

Salah satu imbauan yang disebarkan oleh PGI kepada masyarakat terutama masyarakat gereja adalah turut aktif menjaga kebersihan dan mengurangi eksploitasi terhadap lingkungan.

Seperti disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PGI, Pendeta Gomar Gultom, bencana alam merupakan teguran dari Tuhan untuk manusia, karena manusia sudah berlebihan mengekploitasi bumi ini, akibat keserakahannya. "Keserakahan dan keangkuhan manusia ini juga yang menyebabkan banyak orang yang terdiskriminasi di lingkungannya, contohnya kelompok syiah, dan masih banyak lagi," katanya.

“Dalam hidup bermasyarakat, kita tidak boleh mempersoalkan agama apa yang dianut oleh seseorang, karena adalah haknya untuk tetap dilindungi” lanjutnya lagi. Ia juga menambahkan, karena hal ini tidak dipegang kuat oleh masyarakat, maka penghormatan dan perlindungan terhadap hak asasi manusia makin tergerus dan kemajemukan juga semakin menjadi ancaman.

Momen Paskah adalah momen pembebasan manusia, dari manusia lama menjadi manusia yang baru. Maka dengan perayaan Paskah tahun ini, diharapkan gereja-gereja dapat mengatasi persoalan-persoalan yang ada di tengah masyarakat. Salah satu yang jadi perhatian PGI adalah masalah kemiskinan. Namun dengan adanya perbaikan dalam pembagian APBN tahun ini, diharapkan dapat mengatasi masalah besar ini.

Gomar Gultom, mengimbau kepada pemerintah untuk menjalankan amanat konstitusi, agar kekayaan alam Indonesia dikelola sebagaimana mestinya, demi kemakmuran rakyat Indonesia.

Editor : KP3


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home