Loading...
HAM
Penulis: Sotyati 11:47 WIB | Jumat, 22 Agustus 2014

Pelopor Amnesty International Helen Bamber Meninggal Dunia

Aktivis hak asasi manusia Helen Bamber. (Foto: thetimes.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM -  Aktivis hak asasi manusia (HAM) asal Inggris, Helen Bamber, salah satu pelopor Amnesty International, meninggal dunia dalam usia 89 tahun pada Kamis (21/8), menurut pengumuman organisasi amal yang ia dirikan.

Bamber merupakan anggota dari salah satu tim rehabilitasi pertama yang memasuki kamp konsentrasi Nazi Bergen-Belsen pada 1945 untuk membantu para korban.

Ia kemudian bekerja bagi penegakan HAM selama tujuh dekade, membantu mendirikan kelompok medis pertama Amnesty International di Inggris dan mendirikan Medical Foundation for Care of Victims of Torture.

“Puluhan ribu korban selamat dan keluarga mereka tahu bahwa Helen secara pribadi mengubah hidup mereka, dan banyak lagi orang yang terhindar dari kekejaman lebih jauh berkat upayanya,” ujar direktur eksekutif Helen Bamber Foundation, TJ Birdi. Bamber mendirikan yayasan yang membantu menangani korban pelanggaran hak asasi manusia itu pada 2005.

Aktor Colin Firth, yang pernah mendapat saran dari Bamber ketika membintangi film The Railway Man, mengenai seorang tentara Inggris di kamp kerja paksa Jepang, menyebut masa-masa bersama Bamber mengubah hidupnya.

Psikoterapis Helen Bamber yang dilahirkan 1 Mei 1925 dengan nama Helen Balmuth, dikenang sebagai tokoh ikonik yang menginspirasi rekan sekerjanya tentang kekuatan dan komitmennya untuk selalu menjaga martabat sesama.  (AFP/mirrornewsgy.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home