Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 12:27 WIB | Kamis, 27 November 2014

Peluncuran Buku Infografis Penanggulangan Bencana di Indonesia

Peluncuran Buku Infografis Penanggulangan Bencana di Indonesia
Seorang peserta saat membaca buku tentang panduan penanggulangan bencana yang diluncurkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Pusat Statistik (BPS) serta United Nations Population Fund (UNFPA) sebagai bagian dari upaya memberikan informasi serta pengetahuan kepada masyarakat Indonesia yang merupakan wilayah rawan bencana, terutama gempa bumi di Hotel Four Seasons, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (27/11) (Foto-foto: Dedy Istanto).
Peluncuran Buku Infografis Penanggulangan Bencana di Indonesia
Buku tentang informasi serta pengetahuan yang dilengkapi dengan infografis berupa gambar peta serta wilayah potensial rawan bencana dari Sabang sampai Merauke diluncurkan sebagai upaya dalam rangka bagian dari menanggulangi bencana yang terjadi di Indonesia.
Peluncuran Buku Infografis Penanggulangan Bencana di Indonesia
Para peserta dan undangan dari berbagai LSM baik dalam negeri maupun luar negeri saat menghadiri acara peluncuran buku infografis tentang penanggulangan bencana di Indonesia.
Peluncuran Buku Infografis Penanggulangan Bencana di Indonesia
Direktur Bantuan Darurat Deputi Bidang BNPB Wisnu Widjaja saat memberikan komentar tentang bencana yang terjadi di Indonesia dalam acara peluncuran buku infografis tentang penanggulangan bencana.
Peluncuran Buku Infografis Penanggulangan Bencana di Indonesia
Head of Office for the Coordinator of Humanitarian Affairs Rajan Gengaje saat memberi sambutan sebelum acara peluncuran buku infografis tentang penanggulangan bencana di Indonesia.
Peluncuran Buku Infografis Penanggulangan Bencana di Indonesia
Para peserta dan undangan saat berfoto bersama dalam acara seminar serta peluncuran buku tentang Panduan Nasional Penggunaaan Data Kependudukan Dalam Penanggulangan Bencana di Hotel Four Seasons, Jakarta Selatan.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Buku tentang infografis bencana di seluruh Indonesia diluncurkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Hotel Four Seasons, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (27/11).

Buku yang menceritakan tentang informasi mengenai wilayah rawan bencana dari Sabang sampai Merauke tersebut merupakan buku yang berisikan berbagai pengetahuan yang dikemas ke dalam grafis berupa ilustrasi maupun grafik sebagai bagian dari upaya memberikan pengetahuan kepada masyarakat.

Tidak hanya itu buku mengenai wilayah rawan bencana juga dilengkapi dengan buku panduan berupa data kependudukan untuk penanggulan bencana atas kerjasama dari BNPB dan Badan Pusat Statistik (BPS) serta United Nation Population Fund (UNFPA)yang berisi tentang sistem manajemen penanggulan bencana.

Hadir dalam peluncuran buku tersebut Jose Ferraris perwakilan dari UNFPA, Rajan Gengaje (Head of Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA), Direktur Bantuan Darurat Deputi Bidang BNPB Wisnu Widjaja, dan Dedi Walujadi dari BPS, serta para undangan perwakilan dari berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) baik dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam kesempatannya Wisnu Widjaja menyampaikan bahwa menangani bencana bukan siapa yang lebih cepat datang, tetapi siapa yang lebih lama menangani di lokasi kejadian. Hal itu dirasakan sampai sekarang BNPB masih berada di lokasi Nias saat bencana Tsunami 2006 lalu.

Indonesia merupakan titik rawan bencana, terutama gempa bumi, diharapkan dengan adanya buku panduan ini maka masyarakat luas dapat mengetaui serta mengerti langkah-langkah apa yang harus dilakukan ketika bencana datang.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home