Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:24 WIB | Selasa, 29 April 2014

Pemakaman Berisi 50 Mumi Ditemukan di Mesir

(Foto: thecairopost.com)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM - Pemakaman besar berisi sekitar 50 mumi termasuk anggota keluarga kerajaan Firaun ditemukan di Lembah Para Raja di Mesir, dekat kota Luxor, menurut para pejabat, Senin (28/4).

Makam ini juga mencakup peti mati kayu dan cartonnage; jenis bahan yang digunakan untuk menyusun masker yang terbuat dari kain dan gypsum, yang menampilkan wajah masing-masing mumi.

“Pemakaman besar itu berisikan sisa-sisa mumi yang kemungkinan anggota keluarga kerajaan, khususnya putra raja Tutmoses III dan Tutmoses IV dari dinasti ke-18,” yang memerintah dari 1550-1292 SM, menurut Mohamed Ibrahim Menteri Barang Antik.

Para arkeolog, termasuk sejumlah ahli dari University of Basel di Swiss, menemukan sarkofagus kayu, topeng kematian dan guci untuk menyimpan organ yang dilepas saat proses pembalseman.

Menurut ketua misi penggalian, dari sekitar 50 mumi tersebut, di antaranya terdapat beberapa bayi yang baru lahir.

"Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa sisa-sisa arkeologi di dalam makam telah dijarah beberapa kali di masa-masa sebelumnya," kata ketua misi Elina Palin.

Pemeriksaan prasasti di guci tersebut memungkinkan tim ahli mengidentifikasi lebih dari nama 30 mumi, termasuk beberapa putri yang sebelumnya tidak diketahui, kata Mohamed Ibrahim dalam sebuah pernyataan.

Pemakaman tersebut terdapat di barat laut Lembah Para Raja, tempat pariwisata populer yang juga berisikan makam Tutankhamun atau lebih dikenal dengan nama Raja Tut. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home