Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 16:49 WIB | Jumat, 29 Mei 2015

Pembelot: Peretas Korut Dapat Membunuh

Ilustrasi. (Foto: bbc.co.uk)

KOREA UTARA, SATUHARAPAN.COM - Para peretas Korea Utara (Korut) memiliki kemampuan untuk menyerang yang dapat menghancurkan infrastruktur dan bahkan membunuh, kata seorang pembelot Korut.

Seperti dilansir bbc.co.uk, Jumat (29/5), profesor Kim Heung-Kwang mengatakan, Korea Utara saat ini memiliki sekitar 6.000 peretas atau hacker militer yang terlatih.

Peringatan ini disampaikan setelah serangan cyber terhadap perusahaan Sony Pictures pada tahun lalu yang selalu dikaitkan dengan peretas Korut.

Ahli teknologi Korea, Martyn Williams mengatakan bahwa ancaman peretas yang disampaikan Kim Heung-Kwang hanyalah "teori".

Bagaimanapun, Kim menyerukan organisasi internasional agar turun tangan untuk mencegah peretas Korea Utara melancarkan serangan yang lebih parah.

Selama 20 tahun, Profesor Kim mengajar ilmu komputer di Universitas Teknologi Komputer Hamheung, sebelum kabur dari negara itu pada 2004.

Kim mengaku dirinya tidak pernah mengajarkan teknik meretas, tetapi bekas murid-muridnya membentuk unit peretas terkenal Korea Utara, bernama Biro 121.

Biro 121, yang secara luas diyakini beroperasi dari Tiongkok, selama ini selalu dikaitkan dengan berbagai kasus peretasan.

Serangan peretas yang dilakukan biro ini disebutkan secara khusus ditujukan bagi infrastruktur Korea Selatan, seperti pusat pembangkit listrik dan bank.  (bbc.co.uk)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home