Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:32 WIB | Kamis, 12 Januari 2017

Pembicaraan Damai Suriah Akan Digelar di Kazakhstan

Ilustrasi. Konflik di Suriah. (Foto: AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Pembicaraan mengenai masa depan politik Suriah akan berlangsung di ibu kota Kazakhstan, Astana, pada 23 Januari, menurut seorang narasumber dari Kementerian Luar Negeri Rusia pada Rabu (11/1).

“Saat ini tidak ada indikasi bahwa pertemuan akan ditunda. (Pembicaraan) ditetapkan berlangsung pada 23 Januari,” kata narasumber itu mengenai perundingan yang akan diselenggarakan Rusia dan Turki antara pemerintah dan kelompok pemberontak Suriah.

Rusia dan Turki bulan lalu menengahi gencatan senjata di negara tersebut yang didukung oleh kedua pihak dalam perang berkepanjangan itu, tapi dilakukan tanpa keterlibatan Washington, negosiator dalam gencatan senjata sebelumnya.

Gencatan senjata diberlakukan pada 30 Desember dan menciptakan ketenangan di sebagian besar wilayah Suriah meskipun pertempuran masih berkecamuk di beberapa tempat seperti di pinggiran Damaskus di tengah perselisihan mengenai lokasi kelompok jihad yang tidak menjadi bagian dari gencatan senjata.

Sumber diplomatik itu mengatakan pada Rabu bahwa persiapan saat ini untuk pembicaraan damai melibatkan penyusunan daftar peserta. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home