Loading...
BUDAYA
Penulis: Fung Siauw 14:54 WIB | Rabu, 10 April 2013

Pembuat Film Ternama Les Blank Tutup Usia

Les Blank Peraih Life Time Achievement (Foto: Mysanantonio. com)

Les Blank seorang pembuat Film Independent ternama dengan  film documenter nya tentang para musisi yang telah diakui, juga  pemenangkan  BAFTA dalam filmnya dengan Werner Herzog, tutup usia di 77 tahun pada Selasa, 09 April 2013.

Harrod Blank mengatakan ke-42 film ayahnya itu  telah memberikannya penghargaan Lifetime Achievement Award oleh American Film Institute. Ia meninggal karena kanker kandung kemih kemarin di rumahnya di California. Leslie Harrod Blank jr adalah seorang anak  pengusaha Real Estatae, lahir pada 27 November 1935 di Tampa, Florida.

Film awal Blank adalah potret intim dari beberapa musisi, termasuk  peniup terompet Jazz, Dizzie Gillespie (1965)  dan sebuah film tahun 1968  tentang seorang gitaris blus yang bersuara petir Hopkins. Dia juga membuat film tentang  gitaris blus texas Hot Pepper (1973) yang menampilkan Zydeco akordionis Clifton chenier dan Sprout Wings and Fly (1983) ada juga tentang Appalachian Fiddler Tommy Jarrell. Dia juga membuat film 31 menit dengan Huey Lewis dan film bersama  Ry (Ry Dan Moula Banda Rhythm Aces).

Ia kemudian beralih ke film yang berbau makanan. Pada tahun 1980, mendapat apresiasi  dalam karyanya Garlic is as good as 10 mothers ( dalam waktu- waktu tertentu dia juga mempromosikan apa yang dia sebut ’smellovision’ dan ’aromaround’, memasak hidangan selama film di putar),terpilih oleh US Library of Congress untuk dimasukan ke dalam The National Film Registry. Filmnya di tahun 2007, all In This Tea dan  In Heaven There Is No Beer, memenangkan Sundance Film Festival katagori  Pury prize.

Karya Blank yang paling dikenal ketika ia berkolaborasi dengan Werner Herzog yaitu  Burden of Dream tahun 1982, dimana Blank langsung memantau dari belakang layar, Herzog Fitzcarraldo di Peru menjadi sebuah obsesi seni yang begitu klasik.

Film ini telah memenangkan BAFTA dalam katagory Best Documentary. Sebelumnya ada juga filmnya dengan Herzog, yaitu ‘Werner Herzog Eat His Shoe’(1980), dimana Herzog Eat His Boiled Shoe  kalah oleh film karya Errol Morris.

Mahasiswa bahasa inggris di Tulane University New Orleans ini selalu berkarya dengan judul film yang cerdas dan apa adanya, terlihat dalam God Respects Us When We Work But Love Us When We Dance, A Poem Is A Naked Person , Gap- Toothed Women dan Running Around Like A Chiken With Its Head Cut Off.

Blank menjalani hidup dengan ketiga anaknya Harrod, Beau dan Ferris Robinson, serta tiga cucu.

Robert Ebert menyebutnya sebagai ”a brilliant filmmaker”, dan director Tylor Hackford mengatakan pada New York Times, ”dia adalah asset nasional”. Meski film nya tidak begitu terkenal pada waktu itu tetapi tetap exsist. Sebuah film dikatakan hebat apabila film itu tetap dikenang dan begitulah yang dapat kita lihat atas hasil karya-karya seorang Les Blank. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home