Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 07:55 WIB | Rabu, 08 Maret 2017

Pemburu Menerobos Kebun Binatang untuk Mencuri Cula Badak

Ilustrasi: Petugas memeriksa tulang belulang sisa bangkai badak yang dibunuh untuk mencari bukti forensik, di perbatasan Afrika Selatan dan Mozambik. (Foto: Dok satuharapan.com/voaindonesia.com)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Seekor badak di sebuah kebun binatang Prancis ditembak para pemburu gelap, yang ingin mencuri culanya.

Petugas menemukan Vince, nama badak putih yang berusia empat tahun tersebut, di kandangnya di Kebun Binatang Thoiry, Selasa (7/3) pagi.

Salah satu culanya, menurut polisi, dipotong dengan kemungkinan menggunakan gergaji.

Peristiwa pencurian di kebung binatang yang terletak sekitar 40 km dari ibu kota Paris itu diyakini yang pertama terjadi di Eropa.

Cula badak Afrika bisa dijual dengan harga yang tinggi di pasar gelap dengan perkiraan sekitar 100 ekor dibunuh setiap bulannya di alam liar.

Harga satu kilo cula dilaporkan bisa mencapai sekitar US$60.000 atau Rp800 juta.

Vince ditembak tiga kali di bagian kepala oleh para pemburu gelap yang menerobos masuk ke kebun binatang pada Senin malam dan cula besarnya dipotong.

Namun, agaknya para pencuri tersebut terganggu karena cula kedua yang sempat terpotong sebagian ditinggalkan di kebun binatang.

Badak Bruno, yang selamat dari pembantaian, dan Vince, tiba di Kebun Binatang Thoiry pada tahun 2015.

Dua badak putih lainnya, Gracie yang berusia 37 tahun serta Bruno yang berusia lima tahun, selamat dari pembantaian.

Vince, yang lahir di sebuah kebun binatang di Belanda, merupakan satu dari 250 badak di kebun binatang-kebun binatang Eropa yang lahir dari program penangkaran.

Program penangkaran badak putih dianggap berhasil karena satwa ini sempat terancam pada akhir abad ke-19 namun kini populasinya diperkirakan mencapai 20.000 ekor.

Namun, belakangan perburuan gelap atas badak meningkat dalam beberapa tahun belakangan karena meningkatnya tuntutan, antara lain di Vietnam.

Prancis menerapkan larangan penjualan gading gajah dan cula sejak tahun lalu. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home