Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:58 WIB | Kamis, 27 Oktober 2016

Pemerintah Butuh Swasta Biayai Pembangunan Nasional

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin rapat terbatas mengenai “Pembiayaan Investasi Non-Anggaran Pemerintah” di Kantor Presiden, Jakarta, hari Rabu (26/10). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Pemerintah Indonesia mengajak dan membuka peluang yang seluas-luasnya bagi pihak swasta untuk dapat berperan dalam pembangunan nasional.

Ajakan tersebut kembali disampaikan Presiden saat memimpin rapat terbatas mengenai “Pembiayaan Investasi Non-Anggaran Pemerintah” di Kantor Presiden, Jakarta, hari Rabu (26/10).

"Kita harus membuka peluang yang sebanyak-banyaknya kepada swasta. Kita harus membuka seluas-luasnya pembiayaan investasi yang bersumber dari non-anggaran Pemerintah, baik dari swasta murni, BUMN, dan juga dari PPP (public private partnership) dengan jaminan non-anggaran pemerintah," kata Presiden mengawali pengantarnya.

Menurut Jokowi, pemerintah memerlukan peranan swasta dalam menggerakkan roda perekonomian nasional. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ada saat ini disebut tidaklah mungkin dalam mengejar pembiayaan infrastruktur yang membutuhkan biaya sekira Rp. 4.900 triliun.

"Kalau kita lihat di APBN kita, perkiraan dalam lima tahun hanya Rp. 1.500 triliun. Sehingga kekurangan itulah yang harus diisi oleh swasta," katasnya.

Alih Peranan

Presiden menambahkan, bila pihak swasta tidak menyanggupi untuk mengerjakan proyek infrastruktur, BUMN atau BUMD dapat mengambil alih peranan tersebut. Barulah bila dirasa setelah kalkulasi tidak memenuhi perhitungan kembali modal, APBN atau APBD dijadikan sumber terakhir pembiayaan.

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan bahwa investasi pihak swasta untuk proyek infrastruktur tidaklah dapat muncul begitu saja. Dibutuhkan upaya-upaya lebih agar pihak swasta tertarik untuk berinvestasi di Tanah Air.

“Kita harus melakukan terobosan yang cepat. Jangan terjebak pada rutinitas, jangan bekerja hanya business as usual. Dan koordinasi, konsolidasi antara Kementerian/Lembaga menjadi faktor kunci,” kata Presiden.

"Swasta memerlukan gambaran dari proyek investasi yang akan ditawarkan. Gambaran-gambaran seperti itu yang sampai sekarang saya lihat swasta belum bisa membaca. Artinya hanya disuguhkan lokasi-lokasi, hanya disuguhkan rencana-rencana yang tidak disertai dengan kalkulasi-kalkulasi awal," dia menambahkan.

Selain itu, pengurusan izin yang cepat dan tidak berbelit juga disinggung Presiden. Menurut dia, cepatnya perizinan dinilai akan mendukung iklim investasi yang menjamin kepastian usaha.

"Harus juga dipastikan bahwa investasi itu berjalan dengan baik. Baik dari sisi penyediaan lahan dan ketersediaan energi. Ini artinya, dari awal sampai akhir, harus kita fasilitasi sehingga investasi non-anggaran pemerintah bisa semakin meningkat," kata Presiden.

Presiden Jokowi mengakui bahwa dalam dua tahun ini, dapat dikatakan belum ada loncatan yang berarti dari segi terobosan-terobosan yang dapat mempermudah investasi pihak swasta. Padahal, sebut Presiden, sudah banyak pihak swasta yang mengantre untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Ke depan, dengan semakin meningkatnya investasi pembangunan, Presiden meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin meningkat.

"Dengan penggerakan investasi inilah saya meyakini pertumbuhan kita akan bisa naik. Kalau hanya tergantung APBN jangan terlalu berharap," kata Jokowi sekaligus mengakhiri pengantar rapat.

Hadir dalam rapat tersebut di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. (Setpres)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home