Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:21 WIB | Jumat, 27 Februari 2015

Pemerintah Pastikan Harga Elpiji 3 Kg Tidak Naik

Pemerintah pastikan harga elpiji 3 kg tidak naik. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah melalui Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan harga elpiji tabung tiga kilogram tetap, atau tidak akan naik, menyusul isu kelangkaan komoditas tersebut di beberapa daerah.

“Kalau ada yang berpandangan atau punya spekulasi akan ada kenaikan elpiji tiga kilogram, itu tidak benar,” katanyadi Jakarta, Kamis (26/2) malam.

Pemerintah, menurutnya, tidak akan menaikkan harga elpiji tiga kg tersebut, karena komoditas itu sudah ditetapkan oleh pemerintah, Komisi VII DPR, dan Badan Anggaran sebagai komoditas bersubsidi dan diperuntukkan bagi masyarakat kecil.

“Elpiji tiga kg adalah hak masyarakat bawah, jadi kami mengimbau masyarakat mampu agar memperuntukkan elpiji tersebut kepada yang berhak,” katanya.

Sudirman juga mengatakan, untuk mengatasi kesulitan elpiji, Pertamina bekerja sama dengan Dirjen Migas telah melakukan operasi pasar besar-besaran, guna memastikan bahwa ketersediaan elpiji tiga kilogram aman.

“Dari operasi pasar tersebut tidak ditemukan lonjakan permintaan, dan kami pastikan bahwa stok elpiji nasional aman,” katanya.

Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja mengatakan, selain menggelar operasi pasar, Pertamina juga sudah menambah pasokan di sembilan lokasi yang terindikasi kesulitan elpiji tiga kg yaitu Binjai, Subang, Sumedang, Depok, Bogor, Bekasi, Jepara, Kedingtinggi, dan Karet (Jakarta).

“Penambahan pasokan kita lakukan dengan cepat, ketika tanggal 24 Februari ada laporan kelangkaan, tanggal 25 kami langsung menambah pasokan,” katanya.

Ia mengatakan, Depok telah mendapat tambahan pasokan 93.000 tabung, Bogor 265.000 tabung, sedangkan daerah lainnya seperti Cirebon, Majalengka, Kuningan, Garut, dan Cianjur mendapat tambahan pasokan 50 persen dari pasokan normal.

“Pertamina juga menyediakan elpiji di berbagai SPBU di Jakarta, Banten, dan wilayah-wilayah lain agar masyarakat bisa memperoleh elpiji dengan harga yang wajar,” katanya.

Pemerintah juga menyediakan pusat informasi (call center) untuk melayani keluhan masyarakat, yang masih sulit mendapatkan elpiji tiga kg melalui nomor 021-500000. (setkab.go.id) 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home