Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 07:36 WIB | Kamis, 30 Juli 2020

Pemerintah Serahkan 289 Rumah Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara

Rumah bantuan pemerintah untuk korban erupsi Gunung Sinabung di Kawasan relokasi Siosar, Provinsi Sumatera Utara. (Foto: Ant)

KABANJAHE, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah memberikan rumah kepada 289 keluarga warga pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara, masing-masing 108 unit di Siosar dan 181 unit di Ndokum Siroga. 

Kompleks perumahan tersebut sudah tersedia fasilitas umum dan fasilitas sosial, termasuk masjid, gereja, jambur atau aula bersama, serta sarana air bersih dan sanitasi komunal. "Saya mengapresiasi atas penanganan terhadap warga pengungsi, terutama pada pandemi COVID-19 ini, dimana perlu menerapkan protokol kesehatan," kata Deputi II Kantor Staf Presiden Abednego Tarigan, dikutip Antara, hari Rabu (29/7).

Abednego juga mengingatkan pola penanganan bencana menjadi bahan evaluasi serta memperjelas pembagian tugas, fungsi dan wewenang di pemerintah kabupaten/kota, provinsi dan pusat. "Sinergi antarinstansi di berbagai level menjadi penting dalam penanganan bencana," ujarnya.

Gunung Sinabung mengeluarkan lava dan semburan awan panas pada 2010, itu kembali aktif setelah  200 tahun. Beberapa kali gunung tersebut sempat menyemburkan awan panas dan abu vulkanik sejak 2010 hingga sekarang. Jumlah pengungsi mencapai 3.073 KK dan tervalidasi mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Saat ini, proses pembangunan hunian tetap tahap III masih dilakukan di Siosar, masih mengutamakan pembangunan  jalanan umum, saluran air bersih dan listrik. Perumahan ini ditargetkan akan siap dihuni oleh penyintas pada Desember 2020.

Penyerahan bantuan rumah kepada warga pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung ini berlangsung secara simbolis di Kantor Bupati Karo di Kabanjahe, Sumatera Utara pada Selasa (28/7).

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home