Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:15 WIB | Kamis, 08 November 2018

Pemerintah Siapkan Beasiswa Mahasiswa Korban Gempa Sulteng

Ilustrasi. Sejumlah pengungsi korban bencana alam gempa dan pencairan tanah (likuifaksi) beraktivitas di sekitar tenda huniannya di Kamp Pengungsian Terpadu di Kelurahan Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (1/11/2018). (Foto: Antaranews.com/Mohamad Hamzah)

PALU, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah menyediakan bantuan beasiswa bagi mahasiswa korban gempa, likuifaksi, dan tsunami di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, sebagai bentuk komitmen mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Perintah dari Presiden Jokowi saya laksanakan, untuk anak Indonesia harus mengenyam pendidikan tinggi dengan baik, walaupun dalam kondisi yang kurang stabil," kata Menteri Riset Tekhnologi Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir di Palu, Kamis (8/11).

Pernyataan itu, disampaikan Mohammad Nasir kepada wartawan seusai memberi kuliah kepada civitas academica Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.

Nasir mengatakan, beasiswa itu sedang disiapkan oleh Kementerian Ristekdikti untuk mahasiswa di tiga daerah di Sulawesi Tengah yang terdampak gempa, likuifaksi, dan tsunami.

"Semua daerah yang terdampak bencana kami siapkan beasiswa. Untuk Palu kami sedang siapkan bantuan beasiswa," kata Mohammad Nasir.

Kemenristekdikti, kata Nasir, telah memberikan bantuan beasiswa kepada 4.000 mahasiswa korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pemberian beasiswa itu, untuk meringankan beban mahasiswa terdampak bencana. Hal itu karena mahasiswa korban gempa di Lombok dan Sulawesi Tengah dinilai sulit untuk mengenyam pendidikan tinggi pascabencana.

"Tidak mungkin pascagempa, tsunami, likuifaksi, kemudian rumah roboh serta keluarganya ada yang meninggal, maka untuk kuliah kembali pasti sangat berat. Maka pemerintah hadir meringankan beban korban,” kata Nasir. (Antaranews.com)

 

Editor : Sotyati

Back to Home