Loading...
INDONESIA
Penulis: Bob H. Simbolon 17:22 WIB | Senin, 24 Oktober 2016

Pemerintah Targetkan Semua Daerah "e-Government" pada 2017

Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika berpidato di depan Sidang Umum PBB (Foto: dok PBB)

SUMEDANG, SATUHARAPAN.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah menargetkan semua daerah dapat menerapkan sistem "e-government" mulai tahun 2017.

"Pemerintahan harus lebih fleksibel melihat perubahan yang lebih cepat dengan teknologi. Maka semua pemerintah daerah terapkan `e-government` tahun depan," kata Jusuf Kalla pada saat pembukaan acara Temu Administrator Muda Indonesia ke-12 di Kampus Universitas Padjajaran (Unpad) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, pada hari Senin (24/10).

Menurut dia, "e-government" atau sistem pemerintahan berbasis teknologi informasi akan memungkinkan pemerintahan yang transparan dan dapat diakses semua masyarakat serta membuat pemerintahan yang ramah lingkungan karena semua tercetak melalui fasilitas internet, seperti layanan surat elektronik, laman resmi, dan media sosial.

"Dengan kota cerdas atau `smart city`, masyarakat bisa mengakses langsung dan `paperless` (tanpa kertas), artinya administrasi tanpa teknologi `nothing` (tidak berarti)," kata dia.

Dia juga mengharapkan para administrator pemerintahan dapat melengkapi diri mereka dengan kemampuan teknologi informasi agar tidak tertinggal dengan kemajuan zaman.

"Saat ini dan di masa depan, pemerintahan bukan hanya buat KTP dan urusan rumah tangga desa tetapi akan memberikan motivasi dan fasilitas kepada masyarakat dengan disiplin yang baik sehingga harus lebih pintar dari masyarakat," kata dia. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home