Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 16:16 WIB | Jumat, 31 Juli 2015

Pemerintah Tidak Buka Rekrutmen PNS 2015

Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Joko Widodo, Menpan RB Yuddy Chrisnandy (kanan), dan Menteri Kesehatan Nilla F Moeloek (kiri), membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada warga Rusun di Bandarharjo, Semarang, Jateng, Kamis (30/7). Presiden Jokowi kemudian membagikan KKS kepada 601 kepala keluarga, 997 KIP dan 2.671 KIS kepada warga setempat. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi menegaskan pemerintah tidak membuka proses rekrutmen untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2015.

Menurut Yuddy, pemerintah tidak membuka proses rekrutmen CPNS dan sedang melakukan morotarium.

Yuddy menjelaskan banyaknya penipuan rekrutmen CPNS yang beredar di masyarakat disebabkan informasi keputusan di pemerintah yang tidak disosialisasikan sebelumnya.

"Jadi penipuan itu dilakukan oleh oknum-oknum tertentu kepada masyarakat umum yang ingin menjadi pegawai pemerintah dengan mengambil uang besaran maksimumnya itu Rp 10 juta sampai dengan Rp 200 juta," kata Yuddy di Jakarta pada hari Jumat (31/7).

Sosialisasi kebijakan pemerintah, menurut Yuddy, terhenti di tingkat pusat sehingga tidak tersosialisasi dengan baik ke masyarakat.

"Jadi kami sudah menyampaikan kebijakan moratorium. Nah seharusnya hal ini disosialisasikan oleh pejabat pembina kepegawaian di tingkat provinsi, kabupaten atau kota sehingga informasinya menyebar di masyarakat," kata Yuddy.

Yuddy mengatakan dengan terjadinya kasus penipuan perekrutan CPNS di Jawa Barat yang terungkap pada 29 Juli 2015 lalu akan menjadi pengingat bagi para pejabat pembina kepegawaian untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Terhadap kasus yang berlangsung saya meminta kepolisian mengusut tuntas dengan prioritas pertama ambil uang penipuannya, kembalikan dulu karena rakyat kecil yang ditipu," ujar Yuddy.

Sebelumnya pada Rabu lalu, ratusan orang korban penipuan perekrutan CPNS mendatangi Kantor Badan Kepegawaian Nasional Regional III Bandung.

Dalam laporannya, terdapat sekitar 409 orang yang menjadi korban penipuan perekrutan CPNS.

Para korban menanyakan surat keputusan penempatan kerja CPNS kepada kantor BKN. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home