Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:28 WIB | Rabu, 19 Februari 2014

Pemilu 2014, PHDI: Caleg Harus Punya Integritas

Ir. I Ketut Parwata, Sekum PHDI. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Masyarakat Indonesia akan memasuki pesta demokrasi di tahun 2014 yang juga dikenal sebagai tahun politik. Namun, jika dilihat dari kinerja anggota legislatif periode lalu, masih banyak tugas yang belum kellihatan hasilnya apalagi terkait dengan masalah agama. Menurut I Ketut Parwata, Sekretaris Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (Sekum PHDI), masyarakat Indonesia harus paham siapa calon legislatif (caleg) yang akan dipilih dalam pemilu mendatang.

“Syarat calon legislatif yang paling penting adalah harus memiliki integritas,” kata Parwata kepada satuharapan.com, Selasa (18/2) di kantor PHDI, Slipi. “Integritas itu dalam artian konsisten dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Dalam agama Hindu, tiga hal itu disebut Trikaya Parisuda.”

Dia memberikan contoh kasus korupsi. “Seharusnya keinginan untuk korupsi sudah tidak ada lagi dalam pikiran mereka. Namun, pada kenyataannya sangat berbeda,” kata dia. Menurutnya, yang penting bukan menonjolkan seberapa agamais seorang caleg tersebut tetapi integritas yang paling penting karena integritas juga mewakili segi spiritualitas orang tersebut.

Parwata juga mengungkapkan bahwa selain integritas, caleg harus bisa menjadi panutan dan cepat bertindak dalam menangani masalah agama, tidak mencari kekayaan pribadi dengan cara yang tidak benar, menjadi cooler agent atau orang yang mampu meredam suasana panas jika terjadi sesuatu, dan mampu membangun keharmonisan dan kerukunan.  

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home