Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 08:58 WIB | Sabtu, 05 September 2015

Pemimpin ISIS Keluarkan Perintah Haramkan Pembangunan Gereja

Seorang pejuang ISIS mengumumkan 11 perintah pemimpin ISIS kepada umat Kristen di Qaryatain (Foto: akun Twitter ISIS)

QARYATAIN, SATUHARAPAN.COM - Umat Kristen yang bermukim di kota Qaryatiain  kini hidup dalam kecemasan. Baru-baru ini, kelompok ekstremis yang sudah dikutuk di seluruh dunia, Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS, melansir 11 perintah pemimpinnya, Abu Bakr al-Baghdadi, yang ditujukan kepada umat Kristen di Qaryatain, kota yang dikuasai oleh kelompok ISIS.

Salah satu dari 11 perintah itu adalah dilarangnya umat Kristen di Qaryatain membangun gereja, biara maupun rumah doa. Sebelumnya, ISIS juga telah mengultimatum penduduk Kristen utnuk membayar pajak yang tinggi, bila tidak ingin dipaksa masuk Islam atau diusir dari kota itu.

Menurut Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), kelompok LSM yang berbasis di Inggris, ISIS telah menambah aturan baru kepada umat Kristen, bila ingin tetap tinggal di kota itu, selain kewajiban membayar pajak. Aturan baru itu disebut sebagai perjanjian keselamatan yang harus dipatuhi. Pemimpin ISIS, al-Baghdadi, mengatakan umat Kristen di kota itu akan selamat dan tidak harus menyerahkan uang mereka, apabila menuruti perintah baru itu.

Perintah baru itu, selain pelarangan mendirikan gereja, juga meliputi larangan untuk memakai tanda salib di tempat-tempat umum.

Hal ini telah mendatangkan ketakutan yang serius bagi umat Kristen di sana. "Seluruh tanah air leluhur kami telah benar-benar diambil dan sekarang mereka bahkan tidak akan memungkinkan kami  untuk mempertahankan keyakinan agama kami kepada Allah yang Tunggal dan Putranya Yesus Kristus," kata Nahren Anweya, seorang aktivis Asyur-Amerika kepada IBTimes India.

"Kami telah diusir habis keluar dari Mosul, Niniwe, Khabour, Hassaka, Qaryatain dan dari lebih banyak lagi tanah leluhur Asyur. Mereka mengambil tanah air asli kami, gadis-gadis kami, gereja kami dan sekarang mereka ingin mengambil lagi beberapa kehidupan kami yang tersisa."

Berikut ini adalah 11 perintah pemimpin ISIS kepada umat Kristen di Qaryatain:

  1. Jangan membangun  gereja, biara dan rumah doa.
  2. Jangan tampilkan salib atau sesuatu dari buku-buku Kristen di jalan dan pasar wilayah Muslim, dan jangan menggunakan  amplifier ketika berdoa.
  3. Jangan membuat Muslim mendengar pembacaan Alkitab dan suara lonceng, gunakan lonceng hanya di dalam gereja.
  4. Jangan mengambil sikap agresif terhadap ISIS, seperti menyembunyikan mata-mata dan diinginkan dan dicari, dan jika mereka tahu bahwa ada konspirasi terhadap umat Islam mereka harus melaporkannya.
  5. Berjanjilah untuk  tidak menampilkan sesuatu dari ritual ibadah Kristen.
  6. Hormatilah Islam dan jangan melakukan apa-apa yang melukai keyakinan agama Islam. Tunjukkan rasa hormat kepada umat Islam.
  7. Harus membayar empat dinar emas per tahun.
  8. Umat Kristen tidak dapat memiliki senjata.
  9. Jangan perdagangkan daging babi atau anggur dengan Muslim atau di pasar mereka dan tidak minum anggur di depan umum.
  10. Kristen dapat memiliki pemakaman mereka sendiri.
  11. Kristen harus berpakaian sopan.

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home