Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:00 WIB | Minggu, 24 Januari 2021

Pemimpin Sindikat Narkoba Asia Ditangkap di Belanda

Polisi Belanda berpatroli di bandar udara Schiphol ,Amsterdam, pada 6 November 2019. (foto: dok. Reuters)

AMSTERDAM, SATUHARAPAN.COM-Polisi Belanda menangkap tersangka pemimpin sindikat narkoba Asia yang terdaftar sebagai salah satu buronan paling dicari di dunia dan dia disejajarkan dengan raja narkoba Meksiko Joaquin “El Chapo” Guzman.

Pria itu, Tse Chi Lop, seorang warga negara Kanada kelahiran China, ditahan pada hari Jumat (22/1) atas permintaan polisi Australia, yang memimpin penyelidikan yang menemukan bahwa organisasinya mendominasi perdagangan narkoba Asia-Pasifik senilai US$ 70 miliar per tahun, kata juru bicara polisi Belanda, Thomas Aling, hari Sabtu (23/1).

Tse diperkirakan akan diekstradisi setelah menghadap hakim, kata Aling, seraya menambahkan bahwa penangkapannya oleh polisi nasional terjadi tanpa insiden di Bandara Schiphol, Amsterdam. "Dia sudah masuk dalam daftar paling dicari dan dia ditahan berdasarkan informasi intelijen yang kami terima," kata Aling.

Polisi Belanda tidak dapat memberikan rincian tentang proses hukum dan tidak jelas apakah Tse memiliki pengacara.

Sindikat kejahatan Tse diduga mendominasi perdagangan metamfetamin kristal Asia-Pasifik, yang meningkat empat kali lipat dalam lima tahun hingga 2019, menurut Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC).

Penegak hukum regional mengatakan sindikat tersebut telah mengimpor sabu-sabu yang sangat kuat ke lebih dari selusin negara, termasuk Jepang, Australia dan Selandia Baru, serta memperdagangkan heroin dan MDMA.

Tse, 57 tahun, mantan narapidana yang sebelumnya tinggal di Toronto, telah pindah antara Makau, Hong Kong dan Taiwan dalam beberapa tahun terakhir, menurut petugas anti narkotika dari empat negara dan dokumen yang ditinjau oleh Reuters.

Kelompok tersebut telah “terhubung atau terlibat langsung dalam setidaknya 13 kasus” peredaran narkoba sejak Januari 2015, dokumen tersebut menunjukkan.

Jeremy Douglas, perwakilan Asia Tenggara dan Pasifik untuk UNODC, mengatakan kepada Reuterspada 2019 bahwa “Tse Chi Lop ada di liga El Chapo atau mungkin Pablo Escobar,” merujuk pada raja obat terlarang di Amerika Latin. UNODC memperkirakan bahwa sindikat narkoba Tse memperoleh sebanyak US$ 17 miliar pada tahun 2018.

Saudara Nomor Tiga

Sindikat itu diduga dijalankannya oleh anggotanya sebagai "Perusahaan". Penegak hukum juga menyebutnya sebagai "Sam Gor"- atau Saudara Nomor Tiga dalam bahasa Kanton - setelah salah satu nama panggilan Tse, menurut laporan Reuters, tetapi tidak dapat menghubungi Tse untuk mengomentari laporan tersebut pada saat itu.

Polisi Federal Australia (Australian Federal Police / AFP), mengatakan pada Minggu (24/1) bahwa pihaknya mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Tse pada 2019, "sehubungan dengan Operasi Volante yang dipimpin AFP, yang membongkar sindikat kejahatan global yang beroperasi di lima negara."

AFP juga memimpin penyelidikan internasional yang dinamai Operasi Kungur, terhadap Tse dan sindikatnya yang mencakup sekitar 20 lembaga dari lebih dari selusin negara. "Sindikat itu menargetkan Australia selama beberapa tahun, mengimpor dan mendistribusikan narkotika ilegal dalam jumlah besar, mencuci keuntungan di luar negeri dan hidup dari kekayaan yang diperoleh dari kejahatan," tambah AFP.

Akan Ada Pengganti

Dokumen yang ditinjau oleh Reutersmenuduh operasi pencucian uang sindikat tersebut tersebar di seluruh dunia, termasuk kasino dan investasi properti, keduanya digunakan sebagai cara mencuci pendapatan.

Douglas dari UNODC memuji penangkapan itu sebagai "hasil yang luar biasa", tetapi memperingatkan bahwa hal itu mungkin tidak berdampak besar pada perdagangan narkoba di wilayah tersebut.

“Mereka mendapatkan pria mereka, mengirim ke AFP. Tapi organisasinya tetap, permintaan untuk obat-obatan sintetis telah dibangun, dan seseorang akan turun tangan untuk menggantikan Tse,” kata Douglas.

“Sulit untuk melihat penangkapannya memiliki banyak dampak pada perdagangan narkoba dalam waktu dekat, jika tata kelola yang buruk, korupsi dan prekursor narkoba yang mudah tersedia di wilayah tersebut tetap tidak terselesaikan.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home