Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:50 WIB | Kamis, 18 September 2014

Pemprov DKI Bantu Kota Lain Terkait Banjir

Sampah menumpuk di Jembatan Kalibata akibat banjir difoto melalui helikopter PMI di Kawasan Rawa Jati Jakarta. (Foto ilustrasi: antaranews.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap mengucurkan dana bantuan ke sejumlah kota yang terhubung langsung secara geografis dengan Kota Jakarta, terkait penanggulangan banjir.

"DKI meminta pemerintah kota di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menghitung kebutuhan dana untuk melancarkan jalan inspeksi sungai, pengerukan waduk, termasuk penggalian aliran sungai," kata Wakil Gubernur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Jakarta, Kamis (18/9), terkait persiapan menghadapi banjir pada akhir tahun ini.

Ia mengemukakan, koordinasi mengenai penanggulangan banjir di Ibukota ini berjalan dengan baik setelah dia bertemu dengan Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Wakil Bupati Bogor Nurhayanti, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani, Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Muhdidin pada Rabu (17/9) malam.

"Mereka (kota mitra, Red) siapkan saja angkanya mau berapa, nanti dibantu Provinsi DKI. Jangan mereka yang keluar duit," Basuki menambahkan.

Ia menerangkan, langkah itu diambil karena kepentingan Jakarta sebagai ibu kota negara demikian besar.

Bencana banjir yang melanda Jakarta selalu berdampak luas dalam berbagai aspek kehidupan. "Inilah yang dimaksud Jakarta yang diperluas, bukan wewenangnya tapi tanggung jawab seperti layaknya orangtua yang membantu anak-anaknya," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta berencana akan memberikan bantuan sebesar Rp 100 miliar untuk masing-masing kota yang meliputi Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. "Dulu bantuan hanya Rp 5 miliar, tapi cukup apa uang segitu? Ini kota mitra, yang besar harus bantu yang kecil," ujar dia.

Pada 2013, Jakarta mengalami banjir hebat karena menjadi yang terbesar dalam enam tahun terakhir.

Berdasarkan hitungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, diketahui total kerugian mencapai Rp 20 triliun dan menelan lebih dari 20 orang korban jiwa. (Ant) 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home