Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 19:56 WIB | Rabu, 22 November 2017

Pemprov DKI dan ADB Jajaki Kerja Sama Pembangunan Kota

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kanan) menerima kunjungan Wakil Presiden Asian Development Bank (ADB), Bambang Susantono di Balai Kota DKI, hari Rabu (22/11). (Foto: beritajakarta.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menerima kunjungan Wakil Presiden Asian Development Bank (ADB), Bambang Susantono di Balai Kota DKI, hari Rabu (22/11).

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak sepakat menjajaki kerja sama pembangunan berdasar pengalaman keberhasilan di sejumlah kota di dunia.

"Kita bicarakan peluang kerja sama dalam rangka menyerap best practice yang sudah dilakukan berbagai kota dan negara," ujar Anies.

Dikatakan Anies, best practice dalam pengelolaan kota itu akan menjadi gambaran pembanding pembangunan yang akan dilaksanakan. Nantinya, pengalaman di berbagai kota dunia tersebut bakal menjadi masukan, gagasan dan pelaksanaan pengembangan Jakarta.

Dijelaskannya, best practice itu terkait lima bidang, yakni pengelolaan air (baik air bersih maupun limbah), transportasi, peremajaan kampung (urban renewal), kesehatan dan pendidikan, serta infrastruktur.

Selain kelima bidang tersebut, sambung Anies, pemprov dan ADB juga membahas optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD). Pihak ADB juga sudah melakukan beberapa studi di sejumlah kota tentang peningkatan pendapatan untuk pemerintah lewat pajak dan lain-lain.

"Umumnya pada efektivitas pengumpulan, bukan peningkatan nilai pajak," katanya. (beritajakarta)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home