Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:16 WIB | Selasa, 31 Maret 2015

Pemprov Papua Rencanakan Bangun 13 Ribu Rumah

Lukas Enembe (biru). (Foto: lukasenembe.com)

JAYA PURA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua merencanakan akan membangun 13 ribu rumah yang akan dibangun selama lima tahun ke depan khususnya di kawasan pegunungan tengah.

Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Selasa (31/3) mengatakan pihaknya telah mengalokasikan dana untuk pembangunan perumahan rakyat sesuai dengan kesepakatan dengan kabupaten atau kota sejak tahun 2014.

"Hal ini merupakan kebijakan percepatan pembangunan infrastruktur dan sektor-sektor strategis lainnya yang telah ditetapkan dalam visi dan misi pembangunan Papua tahun 2013-2018," katanya.

Lukas menuturkan untuk itu pihaknya menggelar rapat kerja teknis dan sinkronisasi program pembangunan bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat sekawasan pegunungan tengah.

"Rapat kerja tersebut bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian target sampai dengan tahun 2015 dan sinkronisasi program serta kegiatan strategis untuk pembangunan bidang ke-PU-an dan perumahan tahun 2016-2018," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga memberikan bantuan dana tambahan infrastruktur Otsus sebesar Rp 350 miliar tahun 2014 dan Rp 250 miliar tahun 2015 bagi sejumlah kabupaten yang sangat mendesak untuk percepatan pembangunan jalan.

"Percepatan pembangunan jaringan jalan strategis yang menghubungkan kawasan pegunungan tengah dari berbagai sumber pendanaan sedang direncanakan dengan baik sehingga target tahun 2018 kawasan ini terhubungkan dengan jalan mantap," katanya lagi.

Dia menambahkan jalan mantap ini meliputi Wamena-Tolikara-Mulia, Wamena-Tiom-Ilaga, Wamena-Habema-Batas Batu, Jayapura-Wamena, Mimika-Wagete, Ilaga-Wagete dan Oksibil-Waropko. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home