Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 15:37 WIB | Kamis, 18 September 2014

Pemungutan Suara Kemerdekaan Skotlandia Resmi Dimulai

Pemungutan Suara Kemerdekaan Skotlandia Resmi Dimulai
Kelompok yang menolak kemerdekaan Skotlandia melakukan reli di Trafalgar Square, London (15/9). (Foto: AFP)
Pemungutan Suara Kemerdekaan Skotlandia Resmi Dimulai
Pelayan Cuckoo Bakery, Pippa Perriam mengungkapkan hasil survei referendum versi toko roti melalui cupcakes yang dijual sejak 7 Maret. Cupcakes dijual dengan pilihan ya, tidak, dan ragu-ragu. Hasil yang tertampil adalah penjualan sampai 17 September 2014 di Edinburgh, Skotlandia.

EDINBURG, SATUHARAPAN.COM – Tempat pemungutan suara referendum bersejarah Skotlandia untuk menentukan kemerdekaan dibuka pada Kamis (17/9), dengan sejumlah besar rakyat Skotlandia diperkirakan akan memberikan suara mereka mengenai apakah mereka akan tetap bersatu atau memisahkan diri dari Inggris.

Pemungutan suara akan berlangsung hingga 21.00 GMT dan hasilnya kemungkinan akan diumumkan pada Jumat pagi waktu setempat.

Rakyat Skotlandia diminta menjawab satu pertanyaan di kertas suara — “Apakah Skotlandia harus merdeka” — dan kemudian memilih “Ya” atau “Tidak”.

Diperkirakan sekitar 80 persen pemilih akan memberikan suara mereka setelah kampanye menggemparkan yang menyebabkan 97 persen warga mendaftar menjadi pemilih -- sekitar 4,3 juta orang.

Di sebuah tempat pemungutan suara di Edinburgh West, satu dari 2.600 TPS yang tersebar di seluruh Skotlandia, pemilih berbondong-bondong datang tak lama setelah bilik dibuka pada 06.00 GMT.

Petugas pengawas Peter Macvean mengatakan: “Hari yang sangat istimewa, hanya sekali seumur hidup.” (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home