Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 22:04 WIB | Minggu, 03 Mei 2015

Penalti Eden Hazard Pastikan Chelsea Juara Liga Inggris

Penalti Eden Hazard Pastikan Chelsea Juara Liga Inggris
Eden Hazard (Chelsea, kaus biru) merebut bola yang dikuasai James McArthur (kaus kuning, Crystal Palace). (Foto: fifa.com).
Penalti Eden Hazard Pastikan Chelsea Juara Liga Inggris

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Sebuah gol dari titik penalti yang disarangkan gelandang Chelsea asal Belgia, Eden Hazard ke gawang Crystal Palace memastikan tim asuhan pelatih Jose Mourinho menjuarai Liga Inggris kompetisi 2014-2015. Chelsea memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 pada laga yang digelar Minggu (3/5) malam WIB di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris.

Dari tabel klasemen Liga Inggris soccerway.com, Chelsea memperoleh nilai 83 di peringkat pertama setelah mengarungi 35 pertandingan, mereka unggul 16 poin dari Manchester City dan Arsenal di peringkat kedua dan ketiga dengan mengantongi nilai sama, 67.

Walaupun Manchester City memenangi empat pertandingan terakhir dan Arsenal lima kali tetap tidak akan melewati perolehan poin Chelsea.

Sebelumnya Chelsea terakhir kali meraih gelar juara liga adalah di musim 2010 (bersama pelatih Carlo Ancelotti asal Italia), Mourinho dahulu sempat membawa Chelsea juara pada musim 2005 dan 2006.

Chelsea di awal pertandingan bersemangat tidak hanya untuk memastikan gelar juara, akan tetapi ingin mengulangi hasil baik saat mereka bertanding di Stadion Selhurst Park, London pada 18/ Oktober 2014 di pertemuan pertama, kala itu Crystal Palace tunduk 1-2 atas Chelsea.

Chelsea mulai menyerang dan memperoleh peluang dari Juan Cuadrado yang menggiring bola dari wilayah kiri penyerangan Chelsea, akan tetapi saat dia hendak mengoper bola ke rekannya, Eden Hazard bola sempat mengenai salah satu  bek Crystal Palace, Adrian Mariappa namun bola tersebut kembali diserobot pemain Chelsea lainnya, Willian Borges yang meneruskan bola ke Hazard. Gelandang enerjik dan memiliki kemampuan dribbling tinggi tersebut meneruskan bola ke Didier Drogba akan tetapi bola masih dapat dihalau Julian Speroni di bawah gawang Crystal Palace.  

Menit ke-22 sempat terjadi insiden antara gelandang Palace, Jordon Mutch dan bek Chelsea, Branislav Ivanovic, keduanya saling dorong karena mengklaim berhasil menggapai bola terlebih dahulu dalam situasi open play, akan tetapi wasit Kevin Friend yang memimpin pertandingan hanya mendamaikan mereka berdua tanpa mengeluarkan kartu.

Julian Speroni hampir membuat kesalahan karena penjaga gawang Palace asal Italia ini gagal untuk menangani bola dari pemain Chelsea Cesc Fabregas yang melintas di daerah kotak penalti Palace.

Beberapa menit kemudian peluang serupa hampir terjadi saat gelandang kiri Chelsea, Cesar Azpilicueta mengirim bola ke arah rekannya, Willian namun pemain Brasil yang dikawal Damien Delaney ini masih gagal membuahkan gol karena bola dihalau Delaney sebelum tiba di kaki penyerang berbahaya Chelsea, Didier Drogba.

Chelsea mendapat penalti tepat di akhir penghujung babak pertama, pelanggaran yang dilakukan James McArthur dan Adrian Mariappa di pertahanan Crystal Palace berbuah bencana. Wasit Kevin Friend langsung menunjuk titik putih dan hukuman penalti diberikan bagi Chelsea, dan gol diciptakan oleh Eden Hazard yang mengeksekusi penalti, walau bola sempat ditahan Julian Speroni, namun kiper Palace tersebut gagal menyapu bersih bola dan kembali dieksekusi dengan baik oleh Hazard dan menyudahi babak pertama dengan keunggulan 1-0 bagi Chelsea.

Babak kedua menurut sportsmole.co.uk, penguasaan bola yang dimiliki Chelsea semakin membesar karena di babak pertama hanya 51 berbanding 49 persen, di babak kedua menjadi 62 berbanding 38 persen.

Semakin besar penguasaan bola, banyak pula peluang emas dihasilkan tim berkostum serba biru tersebut. Seperti menit ke-82 saat Willian Borges memberi umpan ke Dorgba, namun karena terlalu banyak pemain di kotak penalti Crystal Palace, Drogba tidak dapat menguasai bola dengan tenang, penyerang pantai Gading ini kemudian saat hendak menggiring bola mendekati mulut gawang Palace, bola terlebih dahulu dihalau pemain Crystal Palace, Joseph Ledley.

Semenit kemudian serangan balik terjadi bagi Chelsea, serangan bermula saat bola yang dikuasai gelandang Crystal Palace, Jonathan Ward direbut gelandang Chelsea, Nemanja Matic yang kemudian langsung memberi si kulit bundar ke Willian, namun pemain Brasil itu gagal membuat gol karena bola tendangan Willian masih melebar. 

Usai pertandingan pendukung bergembira, hal yang sama terjadi di bangku cadangan Chelsea yang memastikan salah satu tim dari kota London, tersebut menjadi yang terbaik di Kompetisi Liga Inggris 2014-2015.

Susunan Pemain:

Chelsea: Thibaut Courtois, John Terry, Gary Cahill, Branislav Ivanovic, Cesar Azpilicueta, Cesc Fabregas, Willian Borges, Nemanja Matic, Eden Hazard, Juan Cuadrado, Didier Drogba.

Crystal Palace: Julian Speroni, Adrian Mariappa, Damien Delaney, Scott Dann, Jonathan Ward, Jordon Mutch, Joseph Ledley, Jason Puncheon, James McArthur, Yannick Bolasie, Wilfred Zaha. (sportsmole.co.uk/soccerway.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home