Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 21:40 WIB | Rabu, 05 Agustus 2015

Penawaran Wilayah Kerja Migas Dilakukan Secara Online

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas, Djoko Siswanto. (Foto: migas.esdm.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Penawaran wilayah kerja (WK) migas 2015 akan dilakukan secara online dengan tujuan agar lebih transparan. Tahun ini, direncanakan akan ditawarkan 11 wilayah kerja migas konvensional dan non konvensional.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas, Djoko Siswanto mengatakan, penawaran WK migas secara online ini bertujuan untuk menjaga transparansi, mengurangi kontak pihak Pemerintah dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) agar terhindar dari kecurangan.

“Jangan sampai kasus kemarin itu, panitia berkontak, akhirnya dia (KKKS) yang menang. Tapi kalau online terbuka itu kan mengurangi kontak, mengurangi yang begitu-begituan. Secara terbuka, transparan, supaya kalau dia (KKKS) menang, tidak ada curiga macam-macam,” kata Djoko Siswanto dalam acara The 4th United States-Indonesia Energy Investment Roundtable di Shangri-La Hotel, Senin (3/8).

Dalam penawaran WK migas 2015, selain dilakukan secara online, Pemerintah juga memberikan kesempatan kepada KKKS untuk menggunakan skema kontrak migas baru, tidak terbatas pada kontrak bagi hasil (Production Sharing Contract/PSC). Skema kontrak baru tersebut adalah gross split dan sliding scale.

WK migas yang akan ditawarkan berjumlah 11 WK, terdiri dari WK migas konvensional maupun non konvensional. WK konvensional yang akan ditawarkan berjumlah delapan WK, terdiri dari tiga WK yang ditawarkan secara langsung yaitu North Jabung di Onshore Riau dan Jambi, Southwest Bengara di Onshore Kalimantan Timur dan West Berau di Offshore Papua Barat.

Sedangkan lima WK lainnya ditawarkan melalui lelang reguler yaitu Rupat Labuhan di Offshore Riau dan Sumatera Utara, West Asri di Offshore Lampung, Oti di Offshore Kalimantan Timur, North Adang di Offshore Sulawesi Barat dan Kasuri II di Onshore Papua.

Sementara WK non konvensional yang ditawarkan berjumlah tiga WK, yaitu Blora Deep, Central Bangkanai dan Batu Ampar. (migas.esdm.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home