Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:46 WIB | Sabtu, 08 September 2018

Pendaftaran PENABUR International Choir Festival 2019 Dibuka

Pendaftaran PENABUR International Choir Festival 2019 Dibuka
Ketua BPK PENABUR Jakarta Adri Lazuardi, Deputi Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta Elika Dwi Murwani, Camat Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara Manson Sinaga bersulang gelas minuman susu jahe sebagai simbol dimulainya pembukaan pendaftaran PICF ke-4 pada malam peluncuran PENABUR International Choir Festival (PICF) 2019 di SPK Penabur Jakarta, Jumat (7/9) malam di Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Foto-foto: Melki Pangaribuan)
Pendaftaran PENABUR International Choir Festival 2019 Dibuka
Paduan suara “Little Voice” siswa-siswi dari PENABUR Gading Serpong menyanyikan lagu dari Batak “Sigulempong” pada malam peluncuran PICF 2019.
Pendaftaran PENABUR International Choir Festival 2019 Dibuka
Penampilan dari siswa-siswi PENABUR Kota Wisata mengisi acara malam itu.
Pendaftaran PENABUR International Choir Festival 2019 Dibuka
Suasana malam peluncuran PICF ke-4 yang dihadiri para tamu undangan, perwakilan dari berbagai sekolah, gereja, dan masyarakat umum.
Pendaftaran PENABUR International Choir Festival 2019 Dibuka
Ruang fasilitas Choir Clinic disediakan bagi peserta PICF dengan biaya USD100 per jam.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pendaftaran PENABUR International Choir Festival (PICF) 2019 secara resmi dibuka pada malam peluncuran PICF ke-4 di SPK Penabur Jakarta, Jumat (7/9) malam di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Hadir pada malam itu Ketua BPK PENABUR Jakarta Adri Lazuardi, Deputi Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta Elika Dwi Murwani, Camat Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara Manson Sinaga serta para tamu undangan, perwakilan dari berbagai sekolah, gereja, dan masyarakat umum.

Ajang festival paduan suara bergensi dua tahunan sekali ini akan dilaksanakan pada 3-7 September 2019 di SPK PENABUR Kelapa Gading, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Blok A5-8, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara. PICF ke-4 memanggil seluruh tim paduan suara sekolah mulai jenjang TK sampai dengan SLTA, perguruan tinggi nasional maupun internasional, masyarakat umum untuk berlaga dan meraih prestasi.

Deputi Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta Elika Dwi Murwani, mengatakan PICF 2019 merupakan kegiatan keempat sejak penyelenggaraan pertama di tahun 2013 dan setiap pelaksanaannya selalu menghadirkan peserta yang lebih meluas, konsep pelaksanaan acara yang lebih profesional hingga tamu undangan yang tidak hanya dihadiri pemerintah Indonesia, tetapi juga dari mancanegara.

Peserta PICF 2019 yang mendaftar ditargetkan sebanyak 120-160 paduan suara dari berbagai jenjang usia dan kelompok dari nasional maupun internasional. Panitia menargetkan kelompok paduan suara dari luar negeri lebih banyak mendaftar khususnya dari lebih 10 negara yang diundang.

“Tahun ini kira-kira masih sama (120-an paduan suara), karena kami punya keterbatasan tempat juga. Jadi peserta juga terbatas tapi kami mencoba untuk lebih berkualitas baik peserta-peserta maupun juri-jurinya juga lebih berkualitas. Paduan suara ini kan kita sudah internasional  jadi kami mencoba untuk mendapatkan paduan suara yang dari luar negeri itu lebih banyak untuk tahun yang sekarang. Dan yang dari nasional tentu saja itu dari berbagai berbagai daerah yang terbaik tentunya,” kata Elika Dwi Murwani malam itu.

Ia menambahkan bahwa total hadiah untuk PICF 2019 sebesar Rp 175 juta berupa medali, sertifikat dan hadiah pembinaan.

“Kami sangat senang kalau banyak yang ikut serta, di sini bukan masalah menang atau kalah tapi ini menjadi sarana belajar untuk membentuk pendidikan karakter mereka. Melalui paduan suara mereka dapat memiliki karakter displin, menghargai orang lain, kekompakkan mencapai tujuan bersama, sabar, tahan uji untuk bersama-sama menciptakan prestasi,” katanya.  

Dalam kesempatan itu Camat Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara Manson Sinaga menyampaikan apresiasinya terhadap PICF yang telah dilaksanakan selama ini. Dia berharap pada PICF ke-4 ada sinergitas dan kerja sama antara PENABUR Jakarta dan Pemerintah Daerah setempat untuk meningkatkan sektor pariwisata daerah serta ekonomi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kami sangat mengapresiasi kepada BPK Penabur khususnya di Jakarta Utara. Pemerintah Kecamatan Kelapa Gading dan kelurahan berkomitmen bersama-sama untuk mendukung dan mensukseskan acara ini, sehingga demikian acara ini bisa berjalan dengan aman tertib dan lancar pun juga memberikan suatu kesan yang positif kepada para pengunjung yang ikut serta pada festival paduan suara ini,” katanya.

Sementara Ketua BPK PENABUR Jakarta Adri Lazuardi, mengundang seluruh sekolah paduan suara dari segala macam daerah dari 34 provinsi yang ada di negara kita mau pun juga mancanegara sekolah-sekolah yang ada di tingkat jenjang TK, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi dan masyarakat umum untuk berpartisipasi pada Penabur International Choir festival yang ke 2019 ini.

“Kami berharap melalui kegiatan ini kita dapat menunjukkan kepada dunia bahwa keberagaman budaya yang kita miliki dapat menjadi kekuatan dan Sinergi bagi bangsa dan negara ini,” katanya.

Sebelumnya, delapan kategori yang diselenggarakan dalam PICF 2017, yaitu Kindergarten, Primary School, Junior High School, Senior High School, sedangkan kategori umum yaitu Mixed Youth Choir, Folklore, Gospel & Spiritual, dan Musica Sacra dan PICF 2019 menambahkan dua kategori lain yaitu Children Choir dan Mixed Choir. Dengan demikian, tidak hanya paduan suara sekolah, paduan suara umum juga dapat mengikuti PICF 2019.

Berlaku sebagai Artistic Director, Aida Swenson Simanjuntak, pendiri dan pemimpin Paduan Suara Anak Indonesia (PSAI). Sementara itu, dewan juri PICF 2019 yang didatangkan berasal dari Amerika Serikat, Rusia, Filipina dan beberapa negara lain yang sedang dalam proses konfirmasi.

Informasi pendaftaran dapat melihat pada website Penabur International Choir Festival 3-7 September 2019 di www.picf.or.id atau melalui email: info@picf.or.id atau picf2019@gmail.com untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui media sosial resmi PENABUR JAKARTA www.facebook.com/penaburjakarta atau WhatsApp +62 816 196 4010 dan +62 852 1399 5890.

Humas BPK PENABUR Jakarta Rhere (0815 878 9653) – rewindinar@bpkpenaburjakarta.or.id Dina (0811 158 2293) – dina.octafiani@bpkpenaburjakarta.or.id.

Back to Home