Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sotyati 10:34 WIB | Rabu, 23 November 2016

Pendaki Pertama Gunung Tertinggi Pakistan Tutup Usia

Hassan Sadpara, pendaki gunung kebanggaan Pakistan yang sudah mendaki enam puncak gunung tertinggi di dunia, meninggal dunia, Senin, 21 November 2016. (Foto: samaa.tv)

RAWALPINDI, SATUHARAPAN.COM - Salah satu pendaki gunung terkenal asal Pakistan, Hassan Sadpara, meninggal akibat kanker pada Senin (21/11) dalam usia 54 tahun, menurut penjelasan keluarganya seperti dikutip AFP, saat Perdana Menteri Nawaz Sharif memberikan penghormatan dan rakyat Pakistan berbelasungkawa di media sosial.

Sadpara adalah orang pertama dari Pakistan yang mendaki kelima gunung tertinggi di negaranya, yang menjulang di atas 8.000 meter, beberapa di antara 14 gunung tertinggi di dunia. Kelima gunung tersebut, seperti dilaporkan dawn.com, ialah K2 (8.611 meter di atas permukaan air laut), Gasherbrum I (8.080 m), Gasherbrum II (8.034 m), Nanga Parbat (8.126 m), dan Broad Peak (8.051 meter).

K2 adalah gunung tertinggi kedua di dunia, namun pendakiannya dianggap paling menantang dibandingkan dengan gunung tertinggi di dunia, Everest (8.848 m) di Nepal, yang juga sudah pernah didaki Sadpara.

Sharif mengatakan, Sadpara adalah kebanggaan negaranya. Dia meninggalkan tiga orang putra dan satu orang putri. Sementara itu media sosial dibanjiri dengan penghormatan untuknya.

“Dedikasi mendiang Hassan Sadpara dan kepercayaan dirinya membuat dia bisa mendaki puncak tertinggi di dunia. Bangsa ini bangga terhadap prestasi luar biasanya, upayanya untuk meraih kemenangan demi negara ini akan selalu terukir dalam ingatan,” ujar Sharif dalam sebuah pernyataan.

Mengutip dari dawn.com, ia telah lama menjalani perawatan di rumah sakit di Rawalpindi karena penyakitnya, termasuk kanker darah, dan kemudian atas petunjuk Perdana Menteri Sharif dipindahkan ke rumah sakit militer.

Arif, putra Sadpara, mengatakan ayahnya dimakamkan di kampung halamannya, di Skardu. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home