Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:53 WIB | Senin, 19 Oktober 2015

Penderita Arthritis Penting Lakukan Aktivitas Fisik

Ilustrasi. (foto: cdc.gov)

ATLANTA, AMERIKA SERIKAT – Di Amerika Serikat, 53 juta orang dewasa hidup dengan arthritis dan hampir setengah dari orang dewasa 65 tahun atau lebih tua, memiliki kondisi tersebut.

Artritis seperti dikutip dari wikipedia.org, adalah peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak. Artrhitis dapat terjadi akibat infeksi maupun tanpa infeksi.

Keterbatasan untuk kegiatan sehari-hari yang disebabkan oleh arthritis yang umum, mempengaruhi 23 juta orang dewasa. Jutaan orang melaporkan keterbatasan yang signifikan, termasuk berjalan jarak pendek, membungkuk, berlutut, naik tangga, dan kegiatan sosial.

Mereka yang melaporkan keterbatasan itu adalah orang dewasa yang menderita arthritis dan penyakit kronis lainnya, yakni diabetes, penyakit jantung, obesitas.

Ada kabar baik. Rasa sakit dan keterbatasan yang disebabkan arthritis dan gangguan lainnya, dapat dikelola. Strategi yang efektif dapat meningkatkan kualitas-hidup, mengurangi kecacatan, dan membantu orang hidup lebih baik dan berkembang.

Hidup Lebih Baik dengan Menjadi Aktif

Aktivitas fisik telah terbukti untuk mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan fungsi pada orang dengan arthritis. Ini dapat membantu mencegah atau menunda perkembangan arthritis dan kecacatan, serta memungkinkan mereka yang terkena arthritis mempertahankan kebebasannya. Aktivitas fisik juga dapat membantu penderita arthritis mengelola kondisi kronis lainnya, mungkin memiliki -seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas- dan meningkatkan mood.

Aktivitas fisik adalah bagian penting agar tetap sehat. Ada banyak jenis latihan bagi mereka yang memiliki keterbatasan untuk berolahraga atau kekhawatiran tentang memburuknya arthritis mereka.

Centers for Disease Control and Prevention/CDC atau Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat telah merekomendasikan aktivitas fisik bagi penderita arthritis. Program-program ini dapat membantu penderita arthritis, terbukti memberikan banyak manfaat, dan aman, yakni berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan aerobik di air.

Lebih baik beraktivitas daripada tidak. Kegiatan dapat dipecah menjadi bertahap, setiap 10 menit untuk manfaat kesehatan. Misalnya, tiga kali 10 menit untuk setiap aktivitas fisik, selama 30 menit setiap hari.

Mengatur sendiri aktivitas fisik terbukti meningkatkan kepercayaan dalam membuat perubahan gaya hidup sehat, dan kemampuan untuk melakukan kegiatan rumah tangga dan sosial, mengurangi depresi, dan nyeri. Manajemen diri dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi, dan untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri dalam mengelola arthritis dan kondisi lain sehari-hari.

Mengurangi berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat, mungkin menantang, tetapi sangat penting untuk penderita arthritis. Bahkan, pada usia berapa pun, aktivitas fisik seperti berjalan dan perubahan pola makan dapat menyebabkan penurunan berat badan, menjadi jalan sukses bagi penderita arthritis untuk menurunkan badannya.

Bagi penderita arthritis kronis, berada di bawah perawatan seorang dokter dan menghadiri pertemuan rutin mungkin bermanfaat, juga bagi orang-orang dengan jenis peradangan penyakit rematik, seperti rheumatoid arthritis, psoriasis arthritis, lupus, dan asam urat. Manajemen medis yang tepat melalui obat-obatan dan perawatan lain, membantu mengelola rasa sakit, peradangan, kelelahan, dan mencegah kecacatan potensial. (cdc.gov)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home