Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:42 WIB | Jumat, 17 Maret 2017

Pendeta Sierra Leone Temukan Berlian Terbesar Dunia

Artisanal atau penambang bebas lazim terlihat di distrik yang kaya berlian, Kono di Sierra Leone (Foto: BBC/Olivia Acland)

SIERRA LEONE, SATUHARAPAN.COM -Seorang pendeta menemukan salah satu bongkahan berlian terbesar di dunia di distrik Kono di Sierra Leone.

Berlian 709 karat itu kini disimpan di bank sentral Sierra Leone di Freetown. Ini adalah salah satu dari 20 berlian terbesar yang pernah ditemukan.

Wartawan BBC, Umaru Fofana, melaporkan para penambang bebas di daerah kaya berlian adalah umum di Sierra Leone. Penemuan ini memunculkan pertanyaan apakah masyarakat juga akan mendapatkan keuntungan dari batu permata itu.

Penemuan Pendeta Emmanuel Momoh belum diketahui seberapa besar nilainya. Namun dipastikan itu merupakan berlian terbesar yang pernah ditemukan di Sierra Leone sejak tahun 1972, ketika berlian Star of Sierra Leone 969 karat ditemukan.

Itu juga merupakan berlian terbesar ke-13 yang pernah ditemukan, kata Mathew Nyaungwa, seorang analis berlian.

Nyaungwa menambahkan sulit untuk memperkirakan harga berlian tersebut karena  "kualitas dan bukan besarnya  [yang] menentukan nilai berlian".

Mei lalu, perusahaan pertambangan berlian Lucara menjual berlian 813 karat seharga US$ 63 juta pada lelang tertutup di London.

Berlian temuan pendeta itu sudah dibawa ke hadapan Presiden Ernest Bai Koroma pada Rabu (15/03)  malam sebelum disimpan di bank sentral.

Presiden "mengucapkan terima kasih kepada  kepala daerah dan rakyatnya karena tidak menyelundupkan berlian dari negara itu", kata sebuah pernyataan dari presiden.

Koroma mengatakan bahwa pemiliknya harus mendapatkan "apa yang menjadi haknya" dan harus "menguntungkan negara secara keseluruhan", ia menambahkan.

Sebagai catatan, lima berlian terbesar dunia adalah:

1. Cullinan Diamond, yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905, beratnya 3.107 karat

2. Lesedi La Rona, ditemukan di Botswana pada tahun 2015, beratnya 1.111 karat

3. Excelsior Diamond, yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1893, beratnya 995 karat

4. Star of Sierra Leone, ditemukan di Sierra Leone pada tahun 1972, beratnya 969 karat

5. Incomparable Diamond, ditemukan di Kongo pada tahun 1984, beratnya 890 karat

Sierra Leone terkenal akan industri berliannya tetapi telah juga diwarnai oleh sejarahnya sebagai bangsa yang terbelah.

Penjualan berlian telah ikut memicu perang sipil selama satu dekade di negara itu ketika kelompok pemberontak menukar berlian mereka untuk senjata.

Aspek dari konflik semakin mendapat eksposur global dalam film Hollywood Blood Diamond yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio dan Djimon Hounsou.

Editor : Eben E. Siadari

Baca juga: 

Berlian Biru Asal Afrika Selatan Terjual 25,3 Juta Dolar

Lelang Berlian Biru Cetak Rekor Dunia

Berlian Rp 933 Miliar akan Dilelang di London


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home